Share

Presiden Jokowi: Kita Harus Bergeser dari Kebijakan Belanja Jadi Kebijakan Investasi Pertahanan

Dita Angga R, Sindonews · Selasa 05 Oktober 2021 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481423 jokowi-kita-harus-bergeser-dari-kebijakan-belanja-jadi-kebijakan-investasi-pertahanan-vagsoR9lbz.jpg Presiden Jokowi saat HUT Ke-76 TNI. (Foto: Youtube Sekpres)

JAKARTA - Pada HUT Ke-76 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi fondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI. Dalam hal ini adalah manunggal dengan rakyat.

โ€œDengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis. Dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi yang terencana,โ€ kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka, Selasa (5/10/2021).

Dia mengatakan bahwa modernisasi pertahanan keamanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertanahan. Maka dari itu dia meminta agar kebijakan belanja pertahanan digeser menjadi investasi pertahanan.

โ€œSaya tegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi kebijakan investasi pertahanan yang berpikir jangka panjang, yang dirancang sistematis dan yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan,โ€ ungkapnya.

Baca juga:ย Pamerkan Alutsista Canggih, Jokowi: Bentuk Transparansi Publik Penggunaan APBN

Jokowi pun memerintahkan untuk terus melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir di Indonesia.

โ€œ(Harus) bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni,โ€ pungkasnya.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini