Mahfud MD: Sekurang-kurangnya Kompolnas Terima 10 Surat Aduan Tiap Hari

Riezky Maulana, iNews · Selasa 05 Oktober 2021 05:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481292 mahfud-md-sekurang-kurangnya-kompolnas-terima-10-surat-aduan-tiap-hari-VxLCazDtOs.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Istimewa)

JAKARTA - Menko Polhukam yang juga Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Mahfud MD menyebut pihaknya telah menerima rata-rata 10 surat aduan dari masyarakat setiap harinya. Surat itu dikirimkan selama satu tahu terakhir, terhitung sejak 9 Agustus 2020 hingga 31 Agustus 2021.

"Masa tugas tahun pertama Kompolnas, tercatat periode 9 Agustus 2020 sampai 31 Agustus 2021 ini, surat pengaduan yang masuk ke Kompolnas mencapai 4.112 pengaduan. Data tersebut menunjukkan bahwa setiap harinya sekurang-kurangnya lebih dari 10 surat diterima," ujar Mahfud MD saat memberikan sambutan di Rakorwas Kompolnas dan Polri secara daring, Senin (4/10/2021).

Mahfud menjelaskan, aduan paling banyak yaitu keluhan masyarakat ihwal kinerja Polri. Di sisi lain, menurut dia, banyaknya aduan itu menjadi merupakan bentuk kepercayaan warga kepada Kompolnas.

"Dari berbagai surat tersebut yang paling banyak adalah keluhan atau pengaduan masyarakat terkait kinerja Polri. Kondisi ini mengindikasikan bahwa Kompolnas memiliki legalitas sekaligus legitimasi atau kepercayaan yang kuat dari masyarakat," ungkapnya.

Baca Juga : Mahfud MD: Kompolnas Seyogyanya Beri Dukungan Penuh pada Kapolri

Dia menuturkan, masyarakat menginginkan kehadiran Polri yang profesional di tengah-tengah masyarakat. Eks Ketua Mahkamah Komstitusi (MK) ini menegaskan bahwa Kompolnas akan terus berupaya memberikan pengawasan Kepala Polri.

"Dambaan masyarakat akan kehadiran Polri yang profesional dan mandiri diharapkan dilakukan oleh peran Kompolnas sebagai pengawas eksternal. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah surat pengaduan oleh masyarakat yang disampaikan ke Kompolnas begitu banyak," jelasnya.

(aky)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini