Mahfud MD: Kompolnas Seyogyanya Beri Dukungan Penuh pada Kapolri

Felldy Utama, iNews · Selasa 05 Oktober 2021 01:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 337 2481282 mahfud-md-kompolnas-seyogyanya-beri-dukungan-penuh-pada-kapolri-HEoQpEufiA.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta kepada Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) untuk membantu memberikan penguatan terhadap program Polri dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat terhadap institusi Bhayangkara ini.

"Kompolnas seyogyanya memberikan dukungan penuh kepada Kapolri beserta jajarannya yang telah dengan serius membangun program-program unggulan dan strategis," kata Mahfud dalam keterangannya berbentuk video, Senin (4/10/2021).

Di mana, kata dia, program-program itu sudah mulai direalisasikan satu per satu. Gagasan Polri yang Presisi tidak lain dimaksudkan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang sebelumnya sempat memudar.

Mahfud menyebut, sebelumnya stigma Negatif yang dijatuhkan kepada Polri yang menjadi konsumsi publik dan ramai diperbincangkan seperti berkaitan dengan terjadinya tindakan represif oleh pihak Kepolisian dalam menangani kasus. Atau bahkan, kesewenangan yang dilakukan beberapa oknum polisi terhadap masyarakat yang seringkali menjadi konsumsi pemberitaan di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga : Gelar Rapat, Mahfud MD Bersama Kompolnas Bahas Pengawasan Kinerja Polri

"Sehingga citra Kepolisian sempat memudar, itulah masa lalu kita," ujarnya.

Karena itu, Mahfud memandang bahwa sebagai bagian dari masyarakat, Polri sudah seharusny mampu menjadi wadah pengayom yang memberikan rasa aman tanpa harus menimbulkan stigma negatif.

Sebab, stigma negatif tersebut akan memengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat. "Dan dengan begitupula akan memengaruhi kerja sama antara Polri dan masyarakat yang seharusnya dilakukan di dalam penegakkan hukum dan keadilan," katanya.

"Di sinilah, Kompolnas bisa memberi penguatan, bisa mengambil posisi untuk membantu Polri sebagai institusi pada implementasi Presisi Polri tersebut," tutur mantan Ketua MK tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini