Mengenal Perbedaan dan Peran Grup di Kopassus

Mohammad Adrianto S, Okezone · Selasa 05 Oktober 2021 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 337 2481236 mengenal-perbedaan-dan-peran-grup-di-kopassus-5Trqdg0ssc.jpg Kopassus (Foto: Ist)

JAKARTA - Dalam badan TNI, terdapat pasukan-pasukan khusus yang selalu siap untuk melakukan misi khusus demi melindungi kedaulatan NKRI. Mereka merupakan pasukan elite yang jumlahnya dirahasiakan agar tidak diketahui oleh lawan.

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan pasukan khusus di bawah naungan TNI-AD. Berdiri pada 16 April 1952 (dulu disebut RPKAD), Kopassus merupakan korps dengan kemampuan lengkap di berbagai bidang maupun medan lapangan.

Baca Juga: Mabesal Gelar Doa Bersama Sambut HUT Ke-76 TNI

Kopassus sendiri memiliki berbagai kelompok/grup berbeda di dalamnya. Masing-masing memiliki peranan masing-masing, tentu dengan tujuan yang sama, yakni melindungi dan menjaga keamanan Indonesia dari musuh.

Apa saja grup tersebut? Berikut pembahasannya:

1. Grup 1/Para Komando

Grup 1/Para Komando merupakan bagian dari Kopassus yang berdiri pada tanggal 23 Maret 1963. Pembentukan Grup 1/Kopassus terjadi saat RPKAD yang saat itu dipimpin Kolonel Inf Moeng Parhadimulyo.

Grup yang bermarkas di Taktakan, Serang, Banten ini bisa ditugaskan di mana saja. Baik dari udara maupun penyerbuan amfibi dari laut.

2. Grup 2/Sandi Yudha

Terbentuk dari peristiwa G30S PKI, Grup 2/Sandi Yudha pertama kali dikepalai oleh Mayor (sekarang diangkat menjadi Letjen Anumerta) Sugiarto. Grup 2 berlokasi di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Memiliki peran yang sama dengan Grup 1.

3. Grup 3/Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus

Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) merupakan satuan yang bertujuan untuk melatih calon-calon anggota Kopassus. Pusdiklatpassus terletak di Batujajar, Jawa Barat.

4. Grup 4/Sandi Yudha

Terletak di Cijantung, Jakarta Timur, Grup 4/Sandi Yudha memiliki spesialisasi dalam tugas perang rahasia, salah satunya adalah kemampuan dalam intelijen tempur serta kontra pemberontakan. Berdiri pada 24 Juli 1967, Grup 4 diketahui memiliki seleksi calon anggota ketat sebelum bisa bergabung ke dalamnya.

5. Grup 5/Detasemen Khusus 81 (Penanggulangan Teror)

Satuan 81 Kopassus merupakan grup yang bermarkas di Cijantung, Jakarta Timur, bertujuan untuk menangani teror, baik itu perang kota, intelijen, maupun kontra-intelejen. Kekuatan serta persenjataan dari grup ini dirahasiakan oleh kepala Satuan 81 saat ini yakni Kolonel Benny Rahardian.

Baca Juga: Di Bawah Guyuran Hujan, Panglima TNI Ziarah Nasional ke TMP Kalibata

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini