Menko Luhut: Pemerintah Uji Coba PPKM Level 1 New Normal di Blitar

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 04 Oktober 2021 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 337 2481066 menko-luhut-pemerintah-uji-coba-ppkm-level-1-new-normal-di-blitar-J1uCNsH0kE.jpg Menko Marives, Luhut Binsar Pandjaitan (foto: ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest), Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah akan melakukan uji coba PPKM level 1 new normal di Kota Blitar, Jawa Timur.

“Pemerintah akan melakukan uji coba pemberlakuan PPKM level 1 new normal di Kota Blitar,” kata Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (4/10/2021).

Baca juga:  Breaking News: PPKM Berlevel di Jawa-Bali Diperpanjang 2 Minggu Kedepan

Luhut mengatakan, implementasi ujicoba PPKM level 1 diberlakukan karena telah memenuhi syarat indikator WHO dan target vaksinasi sebesar 70% dan dosis 1 lansia sebesar 60%.

“Penerapan PPKM level 1 akan mendekati aktivitas kehidupan masyarakat yang normal untuk menyemimbangkan tersebut tindakan surveilance, testing, tracing dan meningkatkan disiplin protokol kesehatan,” kata Luhut.

Baca juga:  PPKM Dilonggarkan, Masyarakat Masih Tahan 'Buang' Duit

Selain itu, Luhut mengatakan pemerintah telah membentuk task force untuk memonitor pelaksanaan PPKM level 1 di Blitar.

“Dan kami juga telah membentuk task force juga yang terdiri pakar pakar dan ahli-ahli dalam bidangnya untuk nanti tinggal berapa waktu di Blitar untuk monitor,” tuturnya.

“Kalau ini nanti berhasil kita akan kembangkan ke kota-kota yang dapat masuk ke pada level 1,” katanya.

Pemerintah, kata Luhut, akan melakukan pengawasan ketat dengan memonitor seluruh kegiatan aktivitas masyarakat di wilayah kota Blitar.

“Agar dapat kita merespon bila ada hal-hal yang dianggap menjadi darurat sehingga tidak menjadi berkembang menjadi liar,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini