Share

4 Aksi Mensos Risma yang Jadi Sorotan Publik

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 04 Oktober 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 337 2480956 4-aksi-mensos-risma-yang-jadi-sorotan-publik-UrELPXmhXd.jpg Mensos Tri Rismaharini (Foto : MNC Portal Indonesia)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kerap menjadi sorotan publik lantaran aksinya yang dinilai tidak biasa. Mulai dari memarahi pegawai Kemensos hingga dituding rasis karena ingin memindahkan pegawai Kemensos ke Papua lantaran bekerja tidak maksimal.

Berikut adalah sejumlah aksi mantan Wali Kota Surabaya ini yang menyeret perhatian, sebagaimana dihimpun pada Senin (4/10/2021) :

Marahi Koordinator Penyalur Bansos di Gorontalo

Risma memarahi koordinator penyalur bantuan sosial (bansos) di Gorontalo, akibat terjadi kesimpangsiuran data penerima bansos di wilayah tersebut. Risma menilik adanya ketidaksesuaian data dan fakta di lapangan. Kejadian yang berlangsung pada awal Oktober 2021 ini terekam kamera dan viral di media sosial.

Usai meluapkan kemarahannya itu, Risma mendapat banyak kritik dari berbagai pihak. Terutama Gubernur Gorontalo, Rusli Habibi. Ia menilai jika tindakan tersebut sangat tidak pantas dan memberikan contoh buruk.

Protes Penanganan Banjir di NTT

Saat meninjau lokasi banjir pada April 2021 di Flores, NTT, Risma juga sempat meluapkan kekesalannya. Melansir Okezone, pemerintah daerah dan petugas lainnya dianggap lambat dalam melakukan penanganan. Apalagi, soal pendistribusian makanan dan kebutuhan pokok untuk korban.

Hal serupa juga ia lakukan saat meninjau dapur umum di lokasi pengungsian. Risma mendapati beberapa petugas yang tidak bekerja, dan langsung menegur dengan sangat keras. Ia kemudian meminta penambahan jumlah dapur umum sebanyak 8 unit guna mempercepat masyarakat mendapat pasokan makanan.

Bersihkan Area Pemakaman

Mensos Risma juga menarik perhatian masyarakat dengan ikut membersihkan area makam Syekh Burhanuddin, Padang Pariaman pada 2 Oktober 2021. Risma yang tampil sederhana dengan batik dan sepatu kets terlihat menyapu halaman makam terebut. Selain itu, ia memberikan santunan kepada keluarga korban tewas akibat tertimpa pohon pada akhir September lalu. Bantuan lain yang diberikan Risma adalah paket sembako, dan diberikan secara simbolis oleh Bupati Padang Pariaman.

Baca Juga : 5 Fakta Viral Mensos Risma Marahi Warga Gorontalo Bikin Gubernur Rusli Tersinggung

Disorot karena Dianggap Rasis

Risma juga pernah mendapat kritikan tajam dari masyarakat, terutama para pengguna media sosial karenaa mengancam seorang ASN untuk dipindahkan ke Papua. Pernyataan itu ia lontarkan saat mengadakan kontrol tehadap kesiapan dapur umum di Bandung pada 13 Juli 2021. Melihat seorang petugas Kemensos yang kinerjanya kurang, Risma memarahinya dan merasa kecewa.

โ€œTeman-teman itu kerja di Kementerian Sosial. Bukan di rehabilitas sosial. Mulai sekarang, saya tidakmau lagi lihat seperti ini. Kalau ada seperti ini lagi, saya pindah semua ke Papua,โ€ ujar dia, seperti dilansir dari Sindonews, 14 Juli 2021. (Diolah dari berbagai sumber/Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini