5 Deretan Insiden Kendaraan Tertimpa Pohon Tumbang, Tetap Waspada!

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 03 Oktober 2021 04:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 03 337 2480466 5-deretan-insiden-kendaraan-tertimpa-pohon-tumbang-tetap-waspada-FCvK7delZB.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Saat cuaca sedang sangat tidak bersahabat, seperti hujan deras disertai angin besar masyarakat sepatutnya meningkatkan kewaspadaan.

Apalagi, bagi mereka yang berada di lingkungan dengan pohon rindang. Sebab, kondisi alam itu kerap menjadi faktor utama tumbangnya pohon, hingga menimpa kendaraan di bawahnya. Berikut adalah sederet kasus kendaraan yang tertimpa pohon tumbang sampai rusak berat.

1. Ciputat, Tangsel

Satu unit mobil rusak parah akibat tertimpa batang pohon yang tumbang di Ciputat, Tangsel (Tangerang Selatan) pada 29 September 2021. Melansir Okezone, pengemudi mobil tersebut mengalami luka di bagian kepala dan pundak.

Robohnya ranting itu diduga kuat akibat hujan dan angin kencang yang melanda wilayah tersebut sekitar pukul setengah 3 sore. Tidak hanya mobil, ranting pohon juga merusak kabel listrik yang ada.

Usai kejadian itu, sejumlah warga dan relawan langsung melakukan evakuasi dan pembersihan wilayah. Mobil tersebut juga diamankan warga ke lokasi lain.

2. Depok, Jawa Barat

Sebuah batang pohon yang berukuran cukup besar tumbang dan menimpa mobil di bawahnya. Kejadian itu berlangsung pada 26 September 2021 di Depok, Jawa Barat dan viral di media sosial Instagram.

Melansir akun Instagram Depok Update, pihak terkait langsung melakukan penanganan dan evakuasi terhadap pohon tersebut. Kerumunan warga juga terlihat memadati TKP. Hingga saat ini, tidak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa itu.

3. Bogor, Jawa Barat

Setidaknya 2 pohon besar tumbang di Bogor, Jawa Barat pada 8 September 2021. Pohon tersebut menimpa beberapa mobil yang terparkir. Ternyata, lokasi tumbangnya pohon ini berbeda. Pertama, terjadi di jalan Pemuda, Tanah Sereal. Pohon cersen dengan tinggi 8 meter ambruk dan merusak kabel listrik di bawahnya. Ranting pohon yang berhamburan juga menutupi jalanan.

Lokasi kedua ada di halaman sebuah masjid di wilayah Gunung Batu, Bogor. Pohon rambutan setinggi sekitar 10 meter tumbang dan merusak 4 mobil. Tumbangnya pohon-pohon ini dikarenakan kencangnya tiupan angin dan hujan yang intens. Petugas dari TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Bogor langsung melakukan evakuasi dan pembersihan usai kejadian ini.

4. Menteng, Jakarta Pusat

Mobil jenis MPV yang terparkir di Masid Meutia, Mentang, Jakarta Pusat ringsek akibat tertimpa pohon tumbang pada 23 Juli 2021 sekitar pukul 9 pagi. Pohon tanjung yang tumbang itu merusak bagian kanan mobil dan menghancurkan kaca belakangnya. Berutung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Akan tetapi, peristiwa tersebut sempat menutup lokasi jalan Taman Cut Mutia arah Tugu Tani.

5. Medan, Sumatera Utara

Hujan deras yang terjadi di Medan pada 28 Juni 2021 menyebabkan pohon tumbang di dekat RSUP Haji Adam Malik. Pohon tersebut menimpa sebuah angkutan kota (angkot) dan mobil pribadi. Kejadian itu menewaskan 2 orang, sementara 2 korban lainnya mengalami luka-luka. Adapun korban tewas adalah pegawai rumah sakit. Saat kejadian, keduanya tengah berada di dalam angkot nahas tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini