Ketika Gagasan Nusantara Diperjuangkan Singasari hingga Diwujudkan Majapahit

Avirista Midaada, Okezone · Minggu 03 Oktober 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 337 2480427 ketika-gagasan-nusantara-diperjuangkan-singasari-hingga-diwujudkan-majapahit-yBehGLRO9r.jpg Foto: istimewa

JAKARTA - Jauh sebelum Majapahit dan Gajah Mada-nya berkeinginan menyatukan politik nusantara. Gagasan politik nusantara sebenarnya telah mulai disinggung saat pemerintahan Raja Kertanegara di Singasari, namun karena sejumlah hal gagasan ini belum berhasil terwujud.

Dikutip dari buku "Menuju Puncak Kemegahan Sejarah Kerajaan Majapahit" karya Slamet Muljana, pengiriman tentara Singasari ke Melayu dan Bali, menjadi cikal bakalnya. Ekspedisi Pamalayu pada 1275 Masehi dan Pabali pada 1284 menjadi gagasan nusantara pertama yang mencoba dicapai Singasari.

Baca juga:  Majapahit di Era Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Masyarakat Muslim Bermukim di Ibu Kota

Gagasan nusantara ini diambil karena stabilisasi kehidupan kenegaraan di dalam negeri. Jika konsolidasi ke dalam telah dilaksanakan dan dalam pimpinan kenegaraan terdapat orang yang kuat, yang mempunyai pandangan politik luas, maka timbullah gagasan nusantara.

Tapi adanya sejumlah pemberontakan pada zaman pemerintahan Raja Kertarajasa dan Jayanegara, tidak mengizinkan adanya gagasan nusantara. Bahkan gagasan nusantara yang telah bangkit pada pemerintahan Raja Kertanegara, padam kembali.

Baca juga:  Raja Majapahit Raden Wijaya, Gelarnya Terhubung dengan Ken Arok dan Jayawisnuwardana

Orang - orang yang mengabdi pada pemerintahan Raja Kertanegara banyak terlibat pemberontakan dan kemudian mati terbunuh. Hal ini berbeda dengan pemerintahan Kerajaan Majapahit yang mencoba mewacanakan gagasan nusantara, dengan menghendaki kerelaan sekedarnya untuk mengkonsolidasikan negaranya.

Beberapa pemberontakan, seperti pemberontakan Kuti, Empu Mada tampil ke muka. Rupanya sejak saat itulah Majapahit mencoba mengkonsolidasikan untuk melaksanakan gagasan nusantara. Sempat terganggu dengan peristiwa Tanca yang membunuh Tanca dan Raja Jayanegara sendiri.

Selang 12 tahun kemudian, kemenangan Majapahit di bawah Raja Tribhuwana Tunggadewi atas Keta dan Sadeng, memberikan kesadaran bahwa Majapahit telah pulih kembali dan memberikan ilham untuk menjalankan politik nusantara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini