Share

5 Kasus Penemuan Bom Granat, Nomor 3 Bikin Geger

Puslitbang Sindo, · Sabtu 02 Oktober 2021 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 337 2480010 5-kasus-penemuan-bom-granat-nomor-3-bikin-geger-TgPpWzLMvl.jpg foto: istimewa

JAKARTA - Granat merupakan bom kecil yang sangat berbahaya. Pada umumnya granat digunakan menjadi senjata andalan militer saat perang. Namun, siapa sangka justru granat kerap ditemukan oleh warga dan bahkan anak kecil.

Berikut ini deretan peristiwa penemuan granat yang tidak disengaja:

1. Sungai Cikapundung, Badung

Granat nanas ditemukan oleh petugas kebersihan di Sungai Cikapundung, Bandung pada 27 Januari 2021. Bom ini tidak sengaja ditemukan saat petugas melakukan pembersihan di badan sungai.

Granat yang ditemukan di bawah tumpukan sampah itu diduga aktif dan langsung dilaporkan ke Polda Jabar. Di saat itu juga, Kapolsek turun langsung ke lapangan. Penemuan ini membuat warga di daerah anak sungai geger.

Baca juga: Bocah 9 Tahun Temukan Granat Aktif saat Cari Kelereng

2. Kampung Siluman, Tasikmalaya

Pada tanggal 10 Maret 2021 lalu, dua orang warga Kampung Siluman, Tasikmalaya menemukan dua granat. Penemuan ini tidak sengaja terjadi saat mereka sedang membersihkan rumput belakang rumah warga.

Cangkul yang mereka gunakan untuk membersihkan rumput seperti mencangkul sebuah besi. Saat dilihat lebih dekat, terlihat seperti bola golf. Namun, ternyata ketika diberitahu ke warga yang lain, barang yang ditemukannya adalah granat nanas yang tertanam di dalam tanah sekitar 20 cm.

Penemuan ini langsung dilaporkan ke polisi. Polisi menyebutka bahwa granat ini masih aktif namun kondisinya sudah berkarat. Granat tersebut kemudian dievakuasi ke Polresta Tasikmalaya.

Baca juga: Nyapu Halaman, Guru Honorer Temukan Granat Aktif

3. Perumahan Sari Petojo, Sumatera Utara

Granat nanas di Perumahan Sari Petojo, Sumatera Utara ditemukan oleh sejumlah anak-anak yang sedang bermain pada 11 Agustus 2020 silam. Tidak hanya granat nanas, sejumlah anak-anak itu juga menemukan 58 amunisi senjata api.

Anak-anak tersebut kemudian melaporkan penemuan ini ke Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat).

Granat dan amunisi senjata api ini kemudian dievakuasi oleh Polsek Tanjung Morawa bersama dengan personel Koramil 16 Tanjung Morawa.

Baca juga: 56 Tahun Terkubur, Granat dan Amunisi Tentara Gurkha saat Bertempur di Indonesia Ditemukan

4. Taman Kumis, Jakarta Timur

Anak-anak yang sedang bermain di Taman Kumis, Cibubur tiba-tiba menemukan granat pada 16 Agustus 2019 lalu. Setelah menerima laporan penemuan granat ini, Polres Metro Jakarta Timur langsung terjun ke lokasi untuk melakukan pengecekan.

Lokasi langsung diamankan oleh polisi karena belum diketahui granat tersebut aktif atau tidak. Pemusnahan granat ini dilakukan oleh tim penjinak bom atau gegana.

Baca juga: Sedang Bersihkan Pekarangan, Istri Dapati Granat di Dekat Tomat

5. Dusun VI Jayaguna, Lampung Tengah

Dua buah granat nanas aktif ditemukan oleh seorang petani saat hendak memanen singkong di kebun. Kejadian ini terjadi di Dusun VI Jayaguna, Lampung tengah pada 1 Juni 2021 lalu.

Petani singkong ini kemudian melaporkan ke Polda Lampung yang kemudian tiba di lokasi bersama dengan beberapa personel penjinak bom. Dari hasil pemerikasaan, benda tersebut memang benar granat nanas yang masih aktif.

Oleh karena itu, petugas memutuskan untuk meledakkan granat tersebut di tempat yang jauh dari lokasi pemukiman penduduk. Petugas menyebutkan bahwa kemungkinan granat ini diduga hasil peninggalan dari zaman perang.

Baca juga: Granat Aktif Ditemukan Setelah 6 Tahun Tertimbun Pasir di Halaman Rumah Warga

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini