5 Momen Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi Ingatkan Kekuatan Bangsa

Mohammad Adrianto S, Okezone · Jum'at 01 Oktober 2021 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 337 2479775 5-momen-peringatan-hari-kesaktian-pancasila-jokowi-ingatkan-kekuatan-bangsa-4bBDFeDsJ7.jpg Jokowi memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Tanggal 1 Oktober merupakan Hari Kesaktian Pancasila. Indonesia mengukuhkan Pancasila sebagai dasar negara setelah sebelumnya hampir dijatuhkan oleh PKI pada 30 September 1965 silam. Hari ini tepatnya di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan upacara untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di Indonesia. 

Terdapat sejumlah fakta mengenai hari Kesaktian Pancasila, yang sudah dirangkum sebagai berikut:

1. Adakan Upacara di Lubang Buaya

Presiden Jokowi mengadakan upacara untuk hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur. Dirinya memimpin upacara itu lengkap dengan atribut kepresidenan.

Sebagai informasi, Lubang Buaya merupakan lokasi dimana jenazah 7 Pahlawan Revolusi di buang ke dalam sumur oleh PKI.

2. Pesan Jokowi

Jokowi mengungkapkan, hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini.

"Hari Kesaktian Pancasila kita peringati untuk mengenang peristiwa kelam yang pernah terjadi di negeri ini," ujar Jokowi dikutip dari laman media sosialnya, Jumat (1/10/2021). 

Foto: Tangkapan layar.

Jokowi juga mengatakan, hari Kesaktian Pancasila juga mengingatkan kita bahwa Indonesia memiliki kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. 

"Pancasila memandu kita menghadapi berbagai bentuk tantangan di setiap zaman," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Kombes Pol Iwan Saktiadi, Komandan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

3. Dihadiri Sejumlah Pejabat 

Selain Presiden Jokowi, beberapa pejabat juga menghadiri upacara hari Kesaktian Pancasila. Salah satunya adalah Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut mendampingi Jokowi.

Upacara juga dihadiri oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti membacakan teks Pancasila. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga berada dalam upacara dan melakukan pembacaan teks UUD 1945. 

Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar sebagaimana biasa dibacakan dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang selanjutnya berakhir dengan sesi penutupan upacara.

Selain itu, terdapat juga komandan upacara berasal dari Polri dengan pangkat komisaris besar (kombes).

4. Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 

Puan Maharani bertugas untuk membacakan ikrar di hari Kesaktian Pancasila ini. Mengutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, berikut adalah ikrar yang dibacakan Puan. 

"Kami yang melaksanakan upacara ini menyadari sepenuhnya kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 pada kenyatannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ujar Puan. 

"Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila kami bulatkan tekad untuk pertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI," tutur Politikus PDIP tersebut.

5. Ditutup Lagu Gugur Bunga

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur ditutup dengan nyanyian lagu ‘Gugur Bunga’.

Persembahan lagu ‘Gugur Bunga’ itu ditayangkan secara virtual dan tampak dinyanyikan oleh pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam paduan suara Purwacaraka Music Studio. 

Alunan lagu ini juga diiringi oleh 27 orang pelajar dari SMKN 2 Cibinong Orkestra dengan konduktor Purwacaraka, di bawah asuhan Direktorat Jenderal Kebudayaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini