5 Fakta Penjaga Kasir Curhat Slip Gaji Malah Dipecat, Netizen Miris Lihat Potongannya

Mohammad Adrianto S, Okezone · Jum'at 01 Oktober 2021 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 337 2479757 5-fakta-penjaga-kasir-curhat-slip-gaji-malah-dipecat-netizen-miris-lihat-potongannya-GxR0XBR3Zc.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Penjaga kasir sebuah swalayan yang diketahui bernama Lisa Amelia mengunggah slip gaji pekerjaannya ke media sosial, Selasa (28/09/21). Namun, unggahan tersebut justru malah berujung pemecatan terhadap dirinya.

Ada beberapa fakta mengenai peristiwa viral di media sosial ini, sebagai berikut:

1. Kena Pasal UU ITE

Pihak swalayan menganggap unggahan slip gaji Lisa ke media sosial merupakan pencemaran nama baik, dan menuntut Lisa dengan pasal 45 UU ITE. Pasalnya, unggahan Lisa tidak menyensor logo perusahaan.

Akhirnya, Lisa harus menerima pemecatan dari manajemen tempatnya bekerja.

2. Tanda Tangan Perjanjian

Atas unggahannya ke media sosial, Lisa meminta maaf kepada pihak perusahaan. Lisa juga telah menandatangani surat perjanjian untuk tidak menyebarluaskan profil dan alamat swalayan, serta membayar denda atas kesalahannya. 

Baca juga: 5 Fakta Ipda Nadya Kapolsek Cantik dan Termuda, Pimpin Anak Buah Seumuran Ayahnya

3. Tidak Memperhatikan Kontrak

Awalnya, unggahan Lisa hanyalah untuk mengeluh atas potongan gaji yang dia terima. Dirinya juga mengaku bahwa dirinya lalai karena tidak membaca secara detail kontrak kerja di perusahaan tersebut.

Namun, unggahan tersebut justru malah mendapat banyak komentar negatif dari warganet yang marah terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Lisa lantas dengan cepat menghapus unggahannya.

4. Detail Pemotongan

Dalam unggahannya ke media sosial, terlihat bahwa Lisa mendapatkan gaji sebesar Rp1 juta, ditambah bonus sebesar Rp50 ribu atas perilaku baiknya. Namun, gaji yang dia dapat juga mengalami pengurangan karena beberapa hal.

Yang pertama potongan Rp300 ribu akibat cuti sakit selama 3 hari, lalu potongan Rp150 ribu karena sekali mengalami keterlambatan, lalu potongan Rp232 ribu untuk kompensasi barang hilang.

Ini menjadikan gaji Lisa yang semula Rp1 juta 50 ribu, menjadi hanya Rp368 ribu. Ini diperburuk dengan denda yang harus Lisa bayar akibat pencemaran nama baik.

5. Review Negatif 

Akibat unggahan tersebut, warganet beramai-ramai memberikan review negatif terhadap cabang swalayan yang dimaksud. Beberapa cabang juga menerima hujatan-hujatan atas peristiwa ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini