Sejumlah Pejabat Negara Ikuti Upacara Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 01 Oktober 2021 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 337 2479628 sejumlah-pejabat-negara-ikuti-upacara-kesaktian-pancasila-di-lubang-buaya-kKTsaT5vYT.jpg Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Sejumlah pejabat negara ikut terlibat dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2021) pagi.

Berdasarkan pengamatan secara virtual, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti membacakan teks Pancasila. Kemudiaan diikuti dengan pembacaan teks UUD 1945 oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Baca juga: Presiden Jokowi Pimpin Upacara Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Lalu, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan ikrar sebagaimana biasa dibacakan dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

"Kami yang melaksanakan upacara ini menyadari sepenuhnya kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 pada kenyatannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri," ujar Puan saat membacakan ikrar sebagaimana dilihat dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga:  Sejarah Hari Kesaktian Pancasila, Berawal dari G30S PKI

Puan melanjutkan, rongrongan tersebut dimungkinkan karena kurang waspadanya bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasla sebagai ideologi negara.

"Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati hari Kesaktian Pancasila kami bulatkan tekad untuk pertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI," tutur politikus PDI Perjuangan itu.

Setelah sesi pembacaan ikrar, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa yang selanjutnya berakhir dengan sesi penutupan upacara.

Presiden Joko Widodo Bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini. Kehadirannya di Lubang Buaya ditemani Wapres Ma'ruf Amin. Adapun komandan upacara berasal dari Polri dengan pangkat komisaris besar (kombes). (wal)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini