3 Tokoh Komunis Dunia Paling Populer, Fidel Castro Salah Satunya

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 30 September 2021 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 337 2478950 3-tokoh-komunis-dunia-paling-populer-fidel-castro-salah-satunya-FgQ4GqbUcI.jpg Fidel Castro pada 1995 (Foto : Reuters)

KATA komunisme pertama kali didengungkan di Prancis pada 1830, seiring dengan munculnya kata sosialisme. Namun, komunisme digunakan untuk mereka yang beraliran sosialis cenderung radikal. Komunisme berkembang pesat di Rusia.

Bahkan, banyak tokoh komunis dunia yang berasal dari negeri tersebut. Selain Rusia, ada pula tokoh komunis yang berasal dari Rumania dan Kuba.

Berikut adalah sederet tokoh komunis dunia yang berhasil dirangkup tim Litbang MPI.

1. Fidel Castro

Fidel Castro adalah presiden Kuba yang menjabat pada 1976 hingga 2008. Ia lahir di Holguin, Kuba, 13 Agustus 1926 dan wafat pada 25 November 2016 di usianya yang ke-90 tahun.

Castro terkenal memiliki haluan komunis sejak berkuliah di Universitas Havana dengan jurusan Hukum. Ia ikut andil dalam melawan pemerintahan Kolombia dan Republik Dominika yang bersayap kanan. Melansir buku ‘Riwayat Pemberontakan El Comandante Fidel Castro’, ia menetapkan program marxis-leninis diterapkan di Kuba mulai 2 Desember 1961.

Dirinya juga mendirikan Partai Komunis Kuba. Di akhir 1961, Castro pernah melantangkan jika dirinya adalah komunis sejati hingga akhir hayatnya.

2.Joseph Stalin

Tokoh komunis dunia lainnya adalah Joseph Stalin. Stalin adalah seorang diktator Uni Soviet yang berkuasa selama 24 tahun, yakni 1929 hingga 1953. Lahir di Rusia, 18 Desember 1879, Stalin muda menolak keinginan ibunya untuk menjadi seorang tokoh agama. Ia berontak, dan menentang hal tersebut.

Mengutip BBC, Stalin justru membaca catatan-catatan Karl Max dan bergabung dengan kelompok sosialis di tempat tinggalnya. Sebagian besar waktunya ia habiskan untuk melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan monarki Rusia. Sekolahnya pun menjadi terbengkalai. Ia memilih menjadi seorang ateis, dan banyak berdebat dengan pendeta. Akhirnya, Stalin ditendang dari sekolah keagamaan pada 1899 karena gagal lulus ujian.

Satu kebijakan yang paling terkenal darinya adalah Stalinisme, yang ia terapkan selama menjadi diktator. Stalin ingin membangun sosialisme dan masyarakat komunis di negaranya. Saat itu, partai Komunis Uni Soviet dipandang paling depan sebagai garda revolusi komunis.

3. Nicolae Ceausescu

Presiden Rumania tahun 1974, yang juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis Rumania, Nicole Ceausescu memulai kekuasaannya dengan membuka hubungan atau kebijakan dengan Amerika Serikat (AS) dan Eropa Barat. Ceausescu dikenal sebagai diktator yang cukup kejam. Setiap masyarakat yang tidak mematuhi aturan bisa ditahan atau bahkan dihilangkan.

Sementara itu, Ceausescu juga banyak melakukan kecurangan sepanjang masa kepemimpinannya. Diantaranya adalah korupsi dan membawa kabur uang hasil kotor itu ke luar negeri. Satu kebijakan Ceausescu yang banyak mendapat kritik dari masyarakat luas adalah ketika ia membangun istana kepresidenan yang sangat megah, dan disebut mengalahkaan kemegahan Gedung Putih di negeri Paman Sam.

Ceausescu akhirnya lengser karena ramainya kritikan dan desakan masyarakat, yang menghendaki ia digulingkan. Terlebih, pemerintahan Ceausescu dipandang sangat tidak tegas menindak pendeta Laszlo, yang ketika itu masif menebarkan kebencian. Akhirnya, ia berhasil turun dari kursi presiden pada 1989.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini