Share

Tak Lagi Jabat Menag, Lukman Hakim Jalani Ritual "Ibadah" ke Kilometer 0 Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 29 September 2021 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 337 2478793 tak-lagi-jabat-menag-lukman-hakim-jalani-ritual-ibadah-ke-kilometer-0-indonesia-de8VremngO.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin melakukan touring menggunakan motor ke Pulau Sabang, Aceh. Dia pun membagikan pengalaman berkendara dengan kuda besinya di akun Twitter pribadinya.

Selama perjalanan menuju Aceh, Lukman beristirahat mulai di kapal ferry, SPBU, hingga menikmati kelapa muda di pinggir jalan.

"Saat riding antar pulau, rehat bisa di mana saja, tergantung permintaan badan. Bisa kala menunggu untuk masuk ke dan keluar dari kapal ferry penyeberangan. Bisa setelah nikmati kelapa muda di tepi jalan. Atau cukup di SPBU setelah kuda besi kenyang menenggak bensin," tulisnya, Rabu (29/9/2021).

Lukman juga menemui pemandangan indah di Geurutee, Aceh Jaya, sekitar 68 km jelang Banda Aceh usai berkendara melewati Tapak Tuan via Meulaboh, Aceh.

Di sana, ia dan rombongan touring-nya menyempatkan diri untuk beristirahat sambil menikmati suasana alam yang indah.

Baca juga: 2 Ulama Besar NU Meninggal, Mantan Menag : Kita Ditinggal Pulang Kiai yang Mumpuni

"Rehat sesaat, nikmati alam indah sambil pose melepas penat, sungguh jadi penguat dan penambah semangaaatt," kata dia.

Lukman menempuh perjalanan lintas barat dari Pulau Jawa ke Aceh dengan rute Jakarta, Lampung, Sumbar, Sumut, lalu menuju Aceh melintasi keindahan Danau Toba.

Baca juga: Haul Gus Dur, Lukman Hakim: Terima Kasih Telah Melindungi Nilai Agama yang meng-Indonesia

Saat berada di Padang, Sumbar, Lukman dan rombongan sempat berpose dan menikmati keindahan senja di Tanah Minang, tepatnya di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumbar.

Selama perjalanan delapan hari itu, politisi PPP itu juga sempat berhenti lantaran turun hujan. Lukman pun meneduh di rumah warga, tepatnya di kawasan Tarutung, Taput, Sumatera Utara.

Puncak perjalanan, Lukman pun membagikan fotonya di tugu 0 Kilometer Indonesia beserta sertifikat sebagai pertanda dirinya sudah menginjakkan kaki di ujung barat Pulau Indonesia itu.

Sertifikat Kilometer 0 Indonesia itu ditandatangani langsung Wali Kota Sabang Nazaruddin dengan keterangan Lukman Hakim Saifuddin dan rombongan tiba di Sabang pada Selasa 28 September 2021.

Baca juga: Gubernur Aceh Minta Vaksinasi di Sabang Dipercepat agar Pariwisata Bangkit

"Alhamdulillah. Setelah 8 hari perjalanan dari Jakarta, menempuh lebih dari 3.000 km, akhirnya sore tadi tiba di Kilometer 0 Sabang. Bersyukur dan bahagia," tulis dia.

"Turing ke KM 0 Sabang adalah semacam 'puncak ritual ibadah' bagi umumnya riders di Indonesia," imbuh mantan Menag itu.

Baca juga: Ajak Masyarakat ke KM Nol Sabang, Sandiaga Uno: Ada Rasa Kebanggaan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini