Share

Muncul Varian Baru Corona R1, Muncul di Jepang Menyebar di AS

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 29 September 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 337 2478465 muncul-varian-baru-corona-r1-muncul-di-jepang-menyebar-di-as-dHghM9wyyj.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Saat ini muncul varian baru Covid-19 yang disebut sebagai varian R1. Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito varian R1 pertama kali ditemukan di Jepang dan sudah menyebar ke beberapa wilayah.

“Varian R1 pertama kali teridentifikasi oleh WHO pada bulan Januari 2021 di Jepang. Dan diketahui telah menyebar di beberapa wilayah di Amerika Serikat saat ini,” katanya dikutip dari Kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (29/9/2021).

Dia mengatakan bahwa varian R1 masih tergolong dalam monitor Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

“Saat ini varian R1 masih tergolong variant under monitoring oleh WHO. Sehingga perlu ditindaklanjuti dengan monitoring lebih lanjut sebagai prinsip kehati-hatian,” tuturnya.

Baca Juga: Satgas Sebut PPKM Berhasil Menurunkan Laju Kasus Covid-19

Wiku menegaskan bahwa adanya varian baru ini menunjukkan bahwa covid-19 belum hilang sepenuhnya dari dunia.

“Kemunculan kembali varian baru seharusnya menjadi pengingat bagi kita bersama bahwa covid-19 belum sepenuhnya hilang dari dunia ini. Untuk itu sikap yang paling bijak yang kita lakukan ialah konsisten menjalankan protokol kesehatan di seluruh kehidupan tanpa harus takut secara berlebihan,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini