Sejumlah Daerah Berpotensi Dilanda Hujan Ekstrem Hari Ini, Berikut Rinciannya

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 29 September 2021 05:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 337 2478416 sejumlah-daerah-berpotensi-dilanda-hujan-ekstrem-hari-ini-berikut-rinciannya-CadownLaNb.jpg Ilustrasi Cuaca Buruk (Foto: Ist)

JAKARTA - Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi dilanda hujan ekstrem, hari ini hingga besok. Hujan ekstrem yang dimaksudkan yakni, hujan dengan potensi intensitas lebat dalam waktu durasi yang cukup lama disertai kilat dan angin kencang.

Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah daerah yang berpotensi dilanda hujan ekstrem pada hari ini yaitu, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Kalimantan Utara dan Papua.

"Potensi hujan ekstrem berdasarkan output model prakiraan hujan probabilistik dan Ensemble," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui pesan singkatnya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: Waspada, Dua Wilayah di Jakarta Berpotensi Hujan Disertai Angin Kencang

"Tanggal 29 September 2021 di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Kalimantan Utara dan Papua," imbuhnya.

Sementara pada 30 September 2021, sejumlah daerah yang berpotensi dilanda hujan ekstrem yakni, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Papua. Sejumlah daerah tersebut diminta untuk waspada dan antisipasi potensi bencana yang timbul akibat hujan ekstrem.

"Tanggal 30 September 2021, di Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Papua," terang Guswanto.

Lebih lanjut, Guswanto menjelaskan bahwa sejumlah daerah sudah mulai memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim panas ke hujan.

Adapun, sejumlah daerah yang sudah memasuki musim hujan yakni, sebagian Sumatera, Kalimantan bagian timur, sebagian Sulawesi, sebagian besar Jawa, sebagian besar Bali, sebagian Maluku Utara, dan Papua bagian tengah.

"Wilayah yang memasuki musim hujan Pada Bulan Oktober yakni, sebagian Sumatera, Kalimantan bagian timur, sebagian Sulawesi, sebagian besar Jawa, sebagian besar Bali, sebagian Maluku Utara, dan Papua bagian tengah," jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini