Mobil Masker, Cara BNPB Perkuat Prokes di Kawasan Pendukung PON Papua

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 28 September 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 337 2478367 mobil-masker-cara-bnpb-perkuat-prokes-di-kawasan-pendukung-pon-papua-xuOlgGkYdF.jpg Ilustrasi mobil masker (Foto: BNPB)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkuat protokol kesehatan (prokes) jelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua lewat gerakan mobil masker.

Penguatan protokol kesehatan jelang PON XX tidak hanya dilakukan di tempat-tempat yang menjadi pusat pertandingan. Kawasan pendukung di sekitarnya yang ramai aktivitas warga juga menjadi perhatian dan sasaran dari BNPB sebagai Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional untuk pengendalian prokes.

Baca Juga: Pemkot Jayapura Dukung Kegiatan Satgas Prokes Jelang PON Papua

Hari ini, para relawan protokol kesehatan kembali membagikan masker melalui gerakan mobil masker di Pasar Baru Sentani, Kabupaten Jayapura. Pasar yang terletak sekitar 10 menit dari Stadion Barnabas Youwe, salah satu stadion yang digunakan untuk pertandingan sepak bola pada perhelatan olahraga terbesar di Tanah Air, menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat di Kabupaten Jayapura.

“Sebanyak 3.000 masker kain telah didistribusikan melalui gerakan tersebut kepada para pedagang juga pembeli,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Selasa (28/9/2021).

Selain membagikan masker, para relawan juga terus mengimbau masyarakat secara langsung tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko terpapar Covid-19.

“Bapak/Ibu, Mama/Pace ayo sama-sama kita pakai masker untuk melindungi diri kita juga keluarga dari Covid-19. Kita semua sayang keluarga kita toh?” kata salah satu relawan kepada warga.

Baca Juga: PON Papua, BNPB Operasikan Gerai Masker di Stadion Barnabas Yumeo

Masyarakat pun terlihat antusias akan adanya gerakan mobil masker tersebut. Selain 3.000 masker di atas, terdapat 11.000 masker kain yang berhasil didistribusikan melalui gerai masker maupun mobil masker di 5 titik lainnya. Hingga Selasa (28/9), total masker yang telah dibagikan Minggu 26 September lalu di Kabupaten Jayapura sebanyak 25.000.

Melalui gerakan Mobil Masker, BNPB berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih patuh dan tertib protokol kesehatan, meliputi kesadaran untuk selalu meningkatkan disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini