Epidemiolog: Populasi Varian Delta di Indonesia Turun Sejak 9 Juli

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 28 September 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 28 337 2478188 epidemiolog-populasi-varian-delta-di-indonesia-turun-sejak-9-juli-T30vKZdyAY.jpg Epidemolog Masdalina Pane (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA - Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI), Masdalina Pane mengungkapkan bahwa berdasarkan data whole genome sequencing seluruh dunia di GISAID tercatat populasi varian Delta di Indonesia telah menurun sejak 9 Juli 2021.

“Jadi kalau kita akses ke GISAID, itu data untuk whole genome sequencing untuk seluruh dunia memang populasi Delta di Indonesia sudah turun sejak 9 Juli sebenarnya, itu sudah mulai turun secara sistematis. Dan kasus di populasi juga turun secara sistematis,” ujar Masdalina secara virtual, Selasa (28/9/2021).

Pasalnya, varian Delta menjadi salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. “Jadi, kalau kita lihat data setiap kali lonjakan kasus terjadi di Indonesia sudah dua kali ya, itu selalu ada yang melatarbelakanginya,” kata Masdalina.

Baca juga: Ekonomi Kawasan Asia Timur dan Pasifik Melambat karena Varian Delta

“Waktu yang pertama lonjakan itu ada program tracing yang dilakukan secara masif di cukup banyak kabupaten kota sekitar 60 yang menyumbangkan 70 persen kasus di Indonesia. Jadi kasus itu memang dicari untuk bisa di containment,” ungkapnya.

Baca juga: Varian Delta Disebut Lebih Mematikan bagi Anak-Anak, Ini Faktanya

Meskipun, kata Masdalina, penanggulangan di awal pandemi tanpa arah namun kini berhasil menurunkan kasus yang cukup drastis. “Setelah 8 bulan penanggulangan tanpa arah, jadi penanggulangan wabah itu sederhana sebenarnya. Yang disebut berhasil itu kalau kita sudah melalui satu puncak kemudian puncak itu turun. Dan itu bisa menjaga 10 sampai 15 minggu penurunan kasus.”

“Yang kedua, itu memang ada serangan Delta atau Delta attack yang terjadi di banyak negara. Dan itu juga terjadi di Indonesia. Tetapi kita mampu menurunkan dengan cukup baik seiring dengan penurunan jumlah Delta,” tutur Masdalina.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Mulai Terkendali, Luhut Ingatkan Varian Delta Masih Mengancam

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini