Jawab Gatot soal TNI AD Disusupi PKI, Pangkostrad : Tudingan Keji

Riezky Maulana, iNews · Senin 27 September 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477778 jawab-gatot-soal-tni-ad-disusupi-pki-pangkostrad-tudingan-keji-V60k0zugD2.jpg Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman

JAKARTA - Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman membantah pernyataan mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo yang menyebut TNI AD telah disusupi PKI. Menurutnya, tudingan tersebut tindakan yang keji.

Dudung juga menjawab tudingan yang Gatot ihwal penghilangan patung sejumlah tokoh di Museum Darma Bhakti Kostrad.

"Tidak benar tudingan bahwa karena patung diorama itu sudah tidak ada, diindikasikan bahwa AD telah disusupi oleh PKI. Itu tudingan yang keji terhadap kami," kata Dudung melalui keterangan tertulis, Senin (27/9/2021) malam.

Dudung mempertanyakan kenapa Gatot tak menanyakan langsung kepada dirinya terkait kasus tersebut. Dia menjelaskan, semestinya Gatot melakukan tabayyun menurut ajaran Islam agar tak terjadi prasangka buruk bahkan fitnah yang mengakibatkan kegaduhan.

"Seharusnya Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo selaku senior kami di TNI, terlebih dahulu melakukan klarifikasi dan bisa menanyakan langsung kepada kami selaku Panglima Kostrad. Dalam Islam disebut tabayun," tuturnya.

Dia berharap penjelasan ini dapat dipahami seluruh pihak. Selain itu, Pangkostrad berharap tidak ada lagi prasangka buruk yang dialamatkan kepadanya, Kostrad, dan TNI AD.

Baca Juga : Cita-Citanya Jadi Tentara Kerap Dicibir, Anak Tukang Pijat Ini Buktikan Mampu Lulus Akmil

"Demikian penjelasan kami agar bisa dipahami dan tidak menimbulkan prasangka buruk terhadap kami sebagai pribadi, institusi Kostrad, maupun institusi TNI AD," ucapnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini