Share

Respons Survei, Fadjroel Sebut Presiden Jokowi Berhasil Atasi Pandemi Dibanding Negara Lain

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 27 September 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477744 respons-survei-fadjroel-sebut-presiden-jokowi-berhasil-atasi-pandemi-dibanding-negara-lain-5hjG1FTnfN.jpg Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman (Foto: Sindo)

JAKARTA — Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Fadjroel Rachman mengklaim kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan Covid-19 lebih baik ketimbang negara-negara lainnya.

Hal tersebut dikatakan Fadjroel untuk merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyebutkan sebagian besar masyarakat puas atas kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Kondisi Indonesia saat ini telah membuktikan bahwa kebijakan Presiden Joko Widodo berhasil mengatasi pandemi dibandingkan negara-negara lain," ujar Fadjroel melalui rilis tertulis, Senin (27/9/2021).

Baca Juga:  Presiden Jokowi: 31 Tahun Radio Trijaya, Menyiarkan Berita Khas, Cepat, dan Akurat

Menurut dia, Indonesia menjadi salah satu negara terbaik di dunia dalam penanganan pandemi Covid-19. Keberhasilan ini merupakan buah dari upaya Presiden Jokowi memperkuat pemerintahan secara kolektif kelembagaan (governing government), bergotong-royong dalam penanganan pandemi.

Fadjroel berujar, hampir dua tahun terakhir Presiden Jokowi bekerja keras menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman pandemi Covid-19 di bidang kesehatan, sosial dan ekonomi.

Kebijakan Presiden Jokowi bertumpu pada aspirasi rakyat, sains, good governance, demokrasi dan konstitusi.

"Oleh karenanya, presiden menciptakan strategi yang sesuai (kontekstual) dengan kondisi sosial Indonesia yaitu pendekatan keseimbangan kesehatan dan ekonomi melalui praktik ‘gas dan rem’," ujarnya.

Baca Juga:  Jokowi: 1,5 Tahun Pandemi, Kondisi Indonesia Beranjak Membaik

Fadjroel menuturkan, Presiden Jokowi terus membangun kinerja kelembagaan pemerintahan sebagai kunci kesuksesan penanganan pandemi Covid-19. Adapun beberapa kekurangan seperti yang ditunjukkan oleh survei Indikator tersebut akan menjadi evaluasi untuk perbaikan ke depan.

Presiden Jokowi, kata Fadjroel, sejak awal telah menyatakan bahwa dirinya siap mempertaruhkan reputasi politiknya asalkan itu untuk rakyat dan negara.

"Pengorbanan Presiden Joko Widodo terkait reputasi politik telah menunjukkan hasil yang sekarang dinikmati seluruh rakyat Indonesia di mana penularan pandemi Covid-19 bisa dikendalikan dan aktivitas sosial serta ekonomi masyarakat kembali bangkit, produktif dan tumbuh melalui disiplin protokol kesehatan," ucap Fadjroel.

"Presiden Joko Widodo telah melaksanakan kewajiban konstitusionalnya dan tetap menjunjung tinggi prinsip bahwa keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," tambah dia.

Sebagaimana diketahui, Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei yang menyebutkan bahwa pada Juli, responden yang menyatakan sangat puas sebesar (5,5%) dan yang menjawab cukup puas sebesar (55,5%).

Sementara, pada September, responden yang menyatakan sangat puas sebesar (4,8%) dan cukup puas sebesar (57,0).

"Jadi di bulan September yang puas atau cukup puas kepada presiden dalam menangani Covid-19 itu mencapai 62% kalo saya bulatkan. Sementara yang di bulan Juli itu sekitar 61 persen, naik sedikit ya," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi.

Survei ini menggunakan kontak telepon dengan melibatkan sebanyak 1.200 responden. Adapun, metode yang digunakan melalui simple random sampling, dengan menggunakan margin of error sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini