Covid-19 Melandai, Luhut Sebut Mobilitas Masyarakat di Sektor Ritel Meningkat

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 27 September 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477712 covid-19-melandai-luhut-sebut-mobilitas-masyarakat-di-sektor-ritel-meningkat-iu75gMMJl1.jpg Luhut Binsar Pandjaitan. (Kemenko Maritim dan Investasi)

JAKARTA - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Panjaitan, mengakui mobilitas masyarakat di sektor retail, rekreasi, dan taman meningkat, kendati sudah diberlakukan beragam pembatasan.

Salah satu metode yang digunakan pemerintah untuk meminimalkan kunjungan ke tempat wisata adalah memberlakukan ganjil-genap di masa PPKM berlevel ini.

"Peningkatan mobilitas terutama terjadi di aktivitas retail dan recreation, park, walaupun sudah diambil langkah macam-macam, mulai dari genap-ganjil dan sebagainya, tetap saja angka itu cukup naik," ujar Luhut saat jumpa pers sebagaimana disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (27/9/2021).

Menurut Koordinator PPKM Jawa-Bali itu, kondisi seperti ini patut diperhatikan secara seksama oleh pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Hal itu penting demi mencegah terjadinya lonjakan virus corona, meski saat ini kondisinya membaik.

"Ini (harus) menjadi perhatian kita semua," tutur Luhut.

Sebelumnyam Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, meski kekinian kondisi penanganan Covid-19 sudah membaik, seluruh lapisan masyarakat diminta tidak lengah.

Jika kelengahan itu terjadi dan memunculkan lonjakan kasus, bukan tidak mungkin pemerintah akan menerapkan kembali kebijakan PPKM Darurat.

Baca Juga : Positivity Rate Covid Kini 1%, Luhut: Tidak Boleh Berpuas Diri, Justru Hati-Hati

“Meski optimis, kita harus tetap hati-hati. Mobilitas penduduk kini sudah mulai meningkat lagi. Jangan sampai pemerintah terpaksa menerapkan PPKM Darurat lagi,” ungkapnya dikutip dari rilis resmi KSP, beberapa waktu lalu. 

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini