Jokowi Ajak Masyarakat Bersiap Sambut Pandemi sebagai Endemi

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 27 September 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477535 jokowi-ajak-masyarakat-bersiap-sambut-pandemi-sebagai-endemi-Cd0aztcako.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini tren penanganan Covid-19 tengah mengalami perbaikan di Indonesia. Namun demikian, Kepala Negara mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada.

Jokowi menuturkan sejatinya pandemi Covid-19 tak akan hilang total dari muka bumi. Atas hal itulah ia dan jajarannya tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk hidup berdampingan dengan virus corona.

"Kini, kita bersiap untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 dan menyambut pandemi ini sebagai endemi, karena Covid-19 tak kan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama," jelasnya dikutip dari media sosialnya pada Senin (27/9/2021).

Di sisi lain, Jokowi berujar kondisi perbaikan ini bisa diraih berkat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), vaksinasi massal, serta kesadaran masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan saat ini pemerintah masih menyusun kebijakan pergeseran dari pandemi ke endemi. Namun, salah satu kalkulasi yang harus dipertimbangkan adalah munculnya varian-varian baru.

Baca juga: Ketika Jokowi Dorong Mobil saat Mogok Gegara Banjir

Karena itu, meski kekinian kondisi penanganan Covid-19 sudah membaik, namun seluruh lapisan masyarakat diminta tidak lengah. Jika itu terjadi, maka akan kembali memunculkan lonjakan kasus, yang berdampak pada kembali diterapkannya PPKM Darurat.

“Meski optimis, kita harus tetap hati-hati. Mobilitas penduduk kini sudah mulai meningkat lagi. Jangan sampai pemerintah terpaksa menerapkan PPKM Darurat lagi,” ungkapnya dikutip dari rilis resmi KSP, Kamis 9 September 2021.

(qlh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini