Usai Panggil Luhut, Polisi Segera Periksa Haris Azhar dan Fatia

Erfan Maaruf, iNews · Senin 27 September 2021 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477509 usai-panggil-luhut-polisi-segera-periksa-haris-azhar-dan-fatia-2f4kbPn8gu.jpg

JAKARTA - Penyidik Ditkrimsus Polda Metro Jaya akan melakukan pemanggilan terhadap Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia atas dugaan pencemaran nama baik dan berita bohong yang dilaporkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Rencana tindak lanjut kita akan mengklarifikasi mengundang juga terlapornya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus di Pola Metro Jaya, Senin (27/9/2021).

Lebih lanjut mengatakan, dalam kasus tersebut ada dua orang terlapor yakni terlapor pertama Fatia dan terlapor kedua Haris Azhar. Pemanggilan akan dilakukan dalam waktu cepat.

"Secepatnya nanti kita akan jadwalkan," tuturnya.

Baca Juga : Luhut Pandjaitan : Saya Sama Sekali Tidak Ada Bisnis di Papua!

Meski begitu pihaknya akan lebih mengedepankan mediasi atau restorative justice dalam kasus pencemaran nama baik dan berita bohong yang dilaporkan Luhut Binsar Pandjaitan. Upaya restorative justice akan dilakukan berdasarkan instruksi Kapolri terkait penanganan kasus Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Disini ada surat edaran Kapolri tersangkut masalah seperti ini, yang kita kedepankan adalah mediasi, mediasi di tahap penyelidikan," tambah Yusri.

Restorative justice akan dilakukan jika kedua belah pihak sepakat berdamai. Namun, jika tidak ada kesepakatan, Yusri menyebut pihaknya bakal terus melanjutkan pengusutan kasus ini.

"Kalau memang ada kesepakatan alhamdullilah, kalau tidak tetap berlanjut nanti kasus ini. Menunggu saja prosesnya," ungkap Yusri.

Sebelumnya, Luhut melaporkan Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia ke Polda Metro Jaya pada Rabu (22/9/2021) atas dugaan pencemaran nama baik dan berita bohong. Laporan Luhut teregister dengan nomor LB/B/4702/IX/2021/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Luhut tidak terima atas pernyataan Haris dan Fatia pada program NgeHAMtam berjudul "Ada Lord Luhut Dibalik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jendral BIN Juga Ada!!", yang ditayangkan di akun channel youtube Haris Azhar.

Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia dengan Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 UU RI Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 14 atau Pasal 15 UU Nomor 1Tahun 1986 tentang Peraturan hukum pidana Pasal 310 KUHP atau Pasal 311 KUHP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini