Penyerang Ustadz Chaniago Ditetapkan Tersangka, Ternyata Tak Alami Gangguan Jiwa

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 27 September 2021 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477507 penyerang-ustadz-chaniago-ditetapkan-tersangka-ternyata-tak-alami-gangguan-jiwa-MTgejc4pTO.jpg Penyerang ustadz ditangkap jamaah di masjid. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Terduga pelaku penyerangan Ustaz Abu Syahid Chaniago di Masjid Baitussyakur, Batam, Kepulauan Riau, resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

"Iya benar sudah ditetapkan tersangka," kata Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Harry Goldenhardt saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Menurut Harry, penetapan tersangka itu dilakukan usai penyidik memastikan bahwa, pelaku berinisial H itu, tidak mengalami gangguan kejiwaan. Meskipun diketahui bahwa, terduga sempat mendapat perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) di Aceh dalam tiga tahun.

"Dari hasil pemeriksaan dokter spesialis kejiwaan RSBP Batam menyimpulkan bahwa perilaku garkum (pelanggaran hukum) tidak disebabkan oleh gangguan kejiwaan," ujar Harry.

Oleh sebab itu, kata dia, penindakan hukum dilanjutkan dan kasus ditingkatkan menjadi penyidikan. Tersangka telah ditahan oleh penyidik Polresta Barelang sejak 21 September 2021 lalu. Kasus ini akan dilanjutkan hingga ke pengadilan.

Baca juga: Viral! Ustadz Chaniago Diserang Seorang Pria saat Ceramah di Masjid Baitus Syakur

"Dokter yang pernah merawat di RSJ Aceh menyatakan (pelaku) sembuh secara klinis dan tinggal minum obat saja. Kasus ini tetap dilakukan penyidikan dan lanjut ke proses peradilan," ucap Harry.

Sebelumnya, video penyerangan Ustadz Chaniago viral di media sosial. Penyerangan terjadi saat korban sedang berceramah di Masjid Baitus Syakur, Batam, Kepulauan Riau.

Pria itu tampak berusaha menyerang Ustadz Chaniago. Namun, dengan sigap sang ustadz yang telah melihat orang itu langsung menghindar.

Peristiwa itu membuat jamaah yang kebanyakan ibu-ibu berdiri dan berteriak. Dalam tayangan juga terlihat pelaku penyerangan berhasil ditangkap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini