Nakalnya Ken Arok, Jadi Pencuri hingga Penjudi

Avirista Midaada, Okezone · Senin 27 September 2021 08:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477320 nakalnya-ken-arok-jadi-pencuri-hingga-penjudi-A0FEMjNU2v.jpg Ilustrasi (Foto : Istimewa)

MASA kanak-kanak dan remaja Ken Arok, pendiri Kerajaan Singasari konon begitu nakal. Selain hobi berjudi, Ken Arok kecil juga beberapa kali kerap mencuri.

Hal ini membuat Ken Arok diusir dari rumah baik oleh orang tua pungutnya. Dikisahkan dalam buku "Menuju Puncak Kemegahan Sejarah Kerajaan Majapahit" tulisan Slamet Muljana, Ken Arok juga pernah diusir dari rumah oleh Janggan, Ketua Desa Sagenggeng.

Tapi bukan Ken Arok namanya bila tak memiliki keistimewaan sejak kecil. Setelah diusir oleh Lembong orang tua pungutnya, Ken Arok kecil bertemu dengan Bango Samparan. Konon Bango Samparan ini adalah botoh atau penjudi dari Dusun Karuman.

Oleh Bango Samparan Ken Arok kecil dibawa ke arena judinya. Tapi yang terjadi Bango Samparan justru berhasil menang setelah beberapa kali kalah. Bango Samparan pun dapat menebus kekalahannya dan menganggap Ken Arok adakah anak bertuah.

Kemudian oleh Bango Samparan, Ken Arok diajak pulang dan dijadikan anak pungut istri tua Bango Samparan, bernama Genuk yang kebetulan juga belum mempunyai anak. Sementara hasil pernikahan Bango Samparan dengan istri mudanya bernama Tirtaja, mempunyai beberapa anak laki-laki.

Tapi selama diasuh oleh Bango Samparan, Ken Arok merasa tidak bisa bergaul dengan anak-anak dari ibu tirinya. Hal ini membuat ia memilih pergi dari Karuman dan bertemu dengan Tita anak Sahaja, ketua Desa Sagenggeng. Ken Arok kecil akhirnya tinggal di rumah Janggan, ketua Desa Sagenggeng.

Baca Juga : Ken Arok, Bayi Buangan yang Ditemukan Memancarkan Sinar

Konon pada suatu malam, Ken Arok tertangkap basah mencuri jambu yang sudah matang. Kemudian oleh Janggan, Ken Arok diusir dari dalam rumah dan harus tidur di semak belukar. Konon saat tidur inilah tubuh Ken Arok memancarkan sinar cahaya yang dilihat Janggan.

Janggan kemudian mendekati sumber sinar yang ternyata diketahui dari tubuh Ken Arok. Alhasil Janggan yang sebelumnya marah besar kepada Ken Arok berbalik menyayanginya. Ken Arok pun diminta Janggan kembali memasuki rumahnya.

Kenakalan Ken Arok pun tak cukup sampai di situ, Ken Arok berani pula menggoda gadis penyadap di Dusun Kapundungan dan berani pula merampok. Perbuatannya kala itu dianggap menjadi ancaman bagi keamanan lingkungan. Hasilnya Ken Arok ditangkap oleh akuwu Tumapel kala itu.

Tapi bukan Ken Arok namanya, ia berhasil melarikan diri dari tempat satu ke tempat yang lain m di manapun ia menetap, keamanan lingkungan tempat tersebut terancam. Di mana pun Ken Arok selalu menjadi perusuh negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini