Peristiwa 27 September: Indonesia Jadi Anggota PBB

Tim Okezone, Okezone · Senin 27 September 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 337 2477251 peristiwa-27-september-indonesia-jadi-anggota-pbb-CI2t0xyRgY.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Serangkaian peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 27 September. Peristiwa bersejarah yang pernah terjadi pada 27 September di antaranya yakni, Indonesia resmi menjadi anggota PBB hingga ditandatanganinya Pakta Tripartit.

Berikut ulasan singkat peristiwa yang pernah terjadi pada 27 September:

1. Spanyol Akui Kemerdekaan Meksiko

Tepat pada 27 September 1821, Spanyol mengakui kemerdekaan Meksiko. Mulanya, pada 15 September 1810, kemerdekaan Meksiko dari Spanyol telah dinyatakan oleh Miguel Hidalgo Y Costilla di sebuah kota kecil bernama Dolores.

Ini merupakan titik awal pertempuran kemerdekaan yang dikenali sebagai Perang Kemerdekaan Meksiko, dan berakhir dengan kemerdekaan pada 1821, kemudian pembentukan Kekaisaran Meksiko yang pertama.

Alhasil, Meksiko mengumumkan kemerdekaannya pasa 16 September 1810. Kemudian disempurnakan pada 17 September 1821. Dan diakui kemerdekaanya pada 28 Desember 1836.

Baca juga: PBB Tunjuk BLACKPINK sebagai Advocate Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

2. Hari Kelahiran Rachmawati Soekarnoputri

Diah Pramana Rachmawati Soekarno lahir di Jakarta, 27 September 1950. Ia adalah putri dari presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno.

Rachmawati merupakan politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Ketua Yayasan Pendidikan Bung Karno, dan salah satu ketua pembina Universitas Bung Karno.

Baca juga: Survei PBB: Penanaman Ganja di Afghanistan Melonjak 37%

3. Indonesia Jadi Anggota ke-60 PBB

Indonesia resmi menjadi anggota PBB ke-60 pada tanggal 27 September 1950 dengan suara bulat dari para negara anggota. Hal tersebut terjadi kurang dari setahun setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda melalui Konferensi Meja Bundar.

Indonesia dan PBB memiliki keterikatan sejarah yang kuat mengingat kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada tahun 1945. 1945 merupakan tahun yang sama ketika PBB didirikan dan sejak tahun itu pula PBB secara konsisten mendukung Indonesia untuk menjadi negara yang merdeka, berdaulat, dan mandiri.

Oleh sebab itu, banyak negara yang mendaulat Indonesia sebagai “truly a child” dari PBB. Hal ini dikarenakan peran PBB terhadap Indonesia pada masa revolusi fisik cukup besar seperti ketika terjadi Agresi Militer Belanda I, Indonesia dan Australia mengusulkan agar persoalan Indonesia dibahas dalam sidang umum PBB.

Baca juga: Sidang Umum UNWTO 2021 di Maroko Akan Cetak Bersejarah

4. Penandatanganan Pakta Tripartit

Pakta Tripartit adalah pakta yang ditandatangani di Berlin pada 27 September 1940 oleh Saburo Kurusu dari Kekaisaran Jepang, Adolf Hitler dari Jerman Nazi, dan Menteri Luar Negeri Galeazzo Ciano dari Italia.

Berdasarkan pakta ini, ketiga negara membentuk aliansi militer dan secara resmi membentuk Blok Poros dalam Perang Dunia II melawan Sekutu. Ada 6 pasal dalam pakta tripartit yang ditandatangi tersebut.

Baca juga: 2020 Tahun Terburuk dalam Sejarah Pariwisata

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini