Share

Misteri Keberadaan Suku Oni, Manusia Hobbit di Bone yang Miliki Kekuatan Gaib

Fahmi Firdaus , Okezone · Minggu 26 September 2021 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 337 2477096 misteri-keberadaan-suku-oni-manusia-hobbit-di-bone-yang-miliki-kekuatan-gaib-FINmnRqUgy.jpg ilustrasi: sofpedia

BONE – Indonesia memiliki beragam kisah legenda urban yang masih terus berlanjut di zaman serba digital ini. Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan terekamnya sesosok misterius di hutan Aceh, yang disebut sebagai Suku Mante.

(Baca juga: Sumpah Serapah Tuti Sebelum Dibunuh soal Alphard dan Istri Muda Yosef)

Saat itu, makhluk misterius yang tidak mengenakan pakaian dan tengah membawa kayu terekam oleh komunitas motor trail. Seperti di Aceh, wilayah Bone Sulawesi Selatan, juga mempunyai kisah manusia kerdil atau dikenal sebagai Suku Oni.

Dikisahkan dari beragam sumber, Suku Oni merupakan pribumi asli Kabupaten Bone yang dulunya bekerja membangun pada zaman kerajaan. Suku Oni disebut sangat lincah dan kuat, mereka tinggal di hutan belantara serta hidup secara alami di dalamnya.

(Baca juga: Bharada Kurniadi Gugur, Sejumlah KKB Teroris Lamek Taplo Jatuh ke Jurang saat Baku Tembak)

Keberadaan Suku Oni di Bone, ditemukan di Dusun Dekka, Desa Mappasengka Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, sekitar 60 km dari kota Watampone. Sejumlah warga Desa Mappesangka mengaku pernah berjumpa dengan sejumlah orang yang tingginya hanya sekitar 70 sentimeter di kawasan hutan Tanjung Palette.

Meskipun cerita tersebut masih bisa belum dibuktikan kebenarannya, warga sekitar pegunungan Bone menjuluki mereka sebagai mahluk setengah siluman. Karena sangat sulit untuk ditemui dan bisa menghilang dalam hutan belantara.

Kendati demikian, ada juga warga yang menganggapnya sebagai mahluk biasa yang sama dengan manusia pada umumnya. Namun, secara fisik ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan manusia normal.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

Konon, Suku Oni bisa dipancing keluar tempat persembunyiannya dengan menggunakan buah pisang yang diletakkan di mulut gua. Namun, sejumlah orang mencoba dan hasilnya sia-sia. Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa Suku Oni benar-benar ada.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini