Jokowi Harap Karang Taruna Lahirkan Kepemimpinan Berwatak Sosial

Widya Michella, MNC Media · Minggu 26 September 2021 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 337 2477026 jokowi-harap-karang-taruna-lahirkan-kepemimpinan-berwatak-sosial-FS9aUypy5S.jpg Presiden Jokowi. (Foto : Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta karang taruna harus mampu melahirkan kepemimpinan berwatak sosial kader-kader muda yang menjadi kekuatan moral untuk melakukan perubahan dan kontrol sosial dalam masyarakat.

Hal ini disampaikan Jokowi saat acara HUT Ke-61 Karang Taruna bertema "Syukuran dan Doa Bersama Lintas Agama untuk Nusantara, Minggu (26/9/2021).

"Saya ucapkan selamat ulang tahun ke-61 kepada seluruh pengurus dan kader karang taruna di seluruh penjuru Tanah Air sebagai organisasi kepemudaan yang lahir oleh dan untuk masyarakat," kata Jokowi.

Kepala Negara menyebutkan, karang taruna memiliki peran sosial yang strategis menjadi perekat sosial dan penyambung solidaritas sosial. "Berdiri di garda terdepan melawan kemiskinan dan kesenjangan sosial,"ucapnya.

Presiden Jokowi juga meminta karang taruna berkontribusi pada penguatan kemandirian ekonomi generasi muda, ekonomi produktif di desa dan kelurahan. Sehingga akan lahir lebih banyak wirausahawan, entrepreneur dan sociopreneur dari Karang Taruna.

"Terakhir saya berharap karang taruna bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa lainnya menyatakan perang terhadap narkoba, terorisme, intoleransi, dan ideologi radikal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa," katanya

Baca Juga : 4 Barang yang Sering Dijadikan Hadiah dan Bantuan Oleh Jokowi

"Teruskan berkarya bakti dan pengabdian sosial untuk mewujudkan Indonesia maju," ucapnya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini