4 Barang yang Sering Dijadikan Hadiah dan Bantuan Oleh Jokowi

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 26 September 2021 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 337 2476820 4-barang-yang-sering-dijadikan-hadiah-dan-bantuan-oleh-jokowi-BaSH7EjNY7.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Selama menjabat sebagai presiden, Joko Widodo atau Jokowi telah memberikan banyak bentuk bantuan terhadap masyarakat Indonesia.

Bentuknya tidak selalu berupa uang, beberapa kali diketahui beliau telah memberikan bantuan berupa barang. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa bentuk bantuan pemerintah yang telah dikucurkan Presiden Jokowi pada masyarakat Indonesia;

1. Paket berisi peralatan sekolah dan seragam

Setelah viralnya video siswa SDN 04 Sungkung yang bersekolah menggunakan kantong plastic untuk menyimpan peralatan sekolah, pada Senin (10/4/2917) sebanyak 135 paket berisi peralatan sekolah dan seragam dibagikan Jokowi untuk siswa SDN 04 Sungkung, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Bantuan tersebut dibawa dan diserahkan langsung oleh tim khusus yang diutus Jokowi. Setelah tiba di Kalimantan Barat pada 6 April lalu, tim harus menempuh perjalanan beberapa hari untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Tidak hanya SDN 04 Sungkung, sebanyak 148 paket juga diberikan untuk SDN 11 Senebeh, untuk SDN 10 Medeng ada 168 paket, dan untuk SDN 09 Senoleng ada 151 paket sesuai dengan banyaknya siswa di masing-masing sekolah.

2. Traktor

Pada Selasa (23/2/2021) Presiden Joko Widodo menjanjikan bantuan berupa hand tractor pada Bupati Sumba Tengah, Paul Kira Limu.

Bantuan ini kemudian direalisasikan oleh Jokowi dengan mengirimkan 30 unit hand tracktor merk Quick Kubota yang tiba pasa Selasa (11/5/2021).

Dengan ini, total keseluruhan bantuan yang berada di Sumba Tengah mencapai 110 unit. Bantuan ini akan disalurkan kepada kelompok tani (poktan) yang ada di sana untuk membantu mengelola lahan pertanian.

3. Sepeda

Presiden Jokowi memberikan bantuan berupa dana dan sepeda kepada Alvino Dafa raharjo, seorang anak asal Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur yang sedang menjalani isolasi mandiri pasca meninggalnya kedua orangtuanya akibat Covid-19 pada Juli 2021 lalu.

Melalui jajaran TNI-Polri di Kubar, bantuan ini serahkan kepada Vino. Ibu dan ayahnya yang berprofesi sebagai penjual pentol keliling dikabarkan meninggal akibat terpapar Covid-19.

4. Jagung

Seorang peternak ayam bernama Suroto asal Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Jawa Timur, viral karena aksinya yang membentangkan poster perihal mahalnya harga jagung dan murahnya harga telur ayam.

Aksi ini dilakukan saat Presiden Jokowi sedang melaksanakan kunjungan ke Blitar pada awal September lalu. Setelah mengetahui tindakan Suroto, Presiden Jokowi memanggilnya ke Istana Negara untuk menyampaikan aspirasinya.

Selepas itu Suroto diberikan bantuan berupa dua truk berisi 20 ton jagung pipih kering dengan kualitas bagus. Ia mengaku senang dan puas karena presiden mau mendengar suara dari rakyat kecil seperti dirinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini