Pemerintah Mengutuk Aksi Penembakan Ustadz hingga Pembakaran Mimbar Masjid

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 25 September 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 25 337 2476788 pemerintah-mengutuk-aksi-penembakan-ustadz-hingga-pembakaran-mimbar-masjid-eeqpTEGgTs.png Menko Polhukam Mahfud MD (foto: tangkapan layar)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Mahfud MD merespon sejumlah kejadian di Indonesia beberapa belakangan terakhir yang membuat ada pergolakan di masyarakat, serta tindak brutal dari beberapa pelaku.

Mahfud MD pun menyoroti sejumlah kasus penyerangan tokoh agama disejumlah daerah, seperti kasus Seorang Ustadz Abu Syahid Chaniago yang dipukuli oleh pria tak dikenal (OTK) saat mengisi ceramah agama dan zikir di Masjid Baitussakur, Batuampar, Batam, Senin 20 September 2021.

Baca juga:  Polisi Tangkap Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar

Lalu penembakan Ustadz Marwan alias Alex hingga tewas di Jalan Gempol, Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Sabtu 18 September 2021. Dan pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Kota Makassar oleh seorang pria tak dikenal, pada Sabtu 25 September 2021, dini hari.

"Pemerintah sangat menyesalkan beberapa kejadian tersebut, dan mengutuk para pelaku," kata Mahfud MD dalam rekaman videonya yang diterima MNC Portal, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga:  Kendala Tak Ada Saksi Mata, Polisi Belum Ungkap Kasus Penembakan Ustadz Alex

Oleh karena itu, Mahfud MD meminta kepada aparat kepolisian untuk segera menangkap para pelaku kejahatan yang sudah membuat resah masyarakat.

"Saya sudah memerintahkan dan menegaskan kembali kepada aparat untuk mengusut kejadian tersebut, dan pihak kepolisian sudah menangkap pelaku. Langsung diproses untuk diselidiki dan disidik," tegas Mahfud MD.

Perlu diketahui sebelumnya, warga Makassar dikagetkan dengan aksi pembakaran mimbar Masjid Raya Makassar di Jalan Masjid Raya, Bontoala, Kota Makassar oleh seorang pria tak dikenal pada Sabtu dini hari (25/9/2021). Tak lama kemudian, pelaku akhirnya ditangkap setelah melarikan seusai beraksi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pelaku bernama Ka'ba, warga Jalan Kandea 1, Makassar. Pelaku ditangkap oleh warga di sekitar Masjid Al Markaz Makassar.

Dalam video amatir yang beredar setelah ditangkap, pelaku diikat ditiang telepon dengan tali tambang agar tidak melarikan diri. Beberapa saat setelah ditangkap, personel Polisi dari Resmob Polda Sulsel datang lokasi mengamankan pelaku. Saat ini Ka'ba diamankan di Posko Resmob Polda Sulsel.

Diketahui aksi yang dilakukan Ka'ba membakar mimbar Masjid Raya Makassar dilakukan dini hari. Sebelum membakar, dia naik mimbar dan menutupi kamera CCTV agar aksinya tak diketahui orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini