Kasus Covid-19 Melandai, Mendagri Minta Pemda Siapkan Skenario jika Ada Gelombang Tiga

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 24 September 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 337 2476543 kasus-covid-19-melandai-mendagri-minta-pemda-siapkan-skenario-jika-ada-gelombang-tiga-ZStSsjSMvH.jpg Mendagri Tito Karnavian (foto: Dok Kemendagri)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengingatkan agar turunnya kasus Covid-19 tidak membuat masyarakat larut dalam euforia. Dia mengatakan perbaikan dalam penanganan Covid-19 tidak lantas menjadikan masyarakat berpuas diri.

Bahkan menurutnya di saat kasus melandai seperti saat ini, pemda seharusnya mempersiapkan skenario jika ada gelombang ketiga.

"Justru landai saat seperti ini semua stakeholder, baik provinsi maupun kabupaten/kota harus mempersiapkan skenario jika ada gelombang varian baru," katanya dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Jumat (24/9/2021).

Baca juga:  Presiden Jokowi: Indonesia Peringkat Ke-6 Dunia Vaksinasi Terbanyak

Dia mengatakan bahwa skenario yang dibuat pemerintah pusat tetap sama, diantaranya meningkatkan kapasitas kesehatan seperti ketersediaan obat, oksigen, serta tempat isolasi terpusat (isoter) bagi penderita Covid-19.

 Baca juga: Kasus Covid-19 Bertambah 2.557 Sehari, Berikut Sebaran di 34 Provinsi

Untuk masalah pendataan, Tito mengimbau agar jangan sampai terjadi lagi kesalahan pada proses input terkait angka-angka yang menjadi indikator penanganan. Pasalnya hal itu berkaitan dengan status level yang akan ditetapkan pada daerah tersebut.

"Data perlu di-cleansing, dilaporkan dengan real, real dalam minggu itu," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini