Melihat Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW, LaNyalla Jadikan Spirit dan Motivasi

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 24 September 2021 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 337 2476285 melihat-artefak-peninggalan-nabi-muhammad-saw-lanyalla-jadikan-spirit-dan-motivasi-VhFKbpCjfx.jpg Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti saat melihat artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW di Cinere (Foto : DPD RI)

JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melihat benda-benda peninggalan Rasulullah SAW di tempat penyimpanannya di daerah Cinere, Depok, Jawa Barat, pada Kamis 23 September 2021.

Dengan melihat dan mengetahui lebih dekat benda pribadi Nabi Muhammad SAW, LaNyalla merasa mendapat spirit dan motivasi untuk selalu meneladani sisi kehidupan Nabi.

"Dengan melihat dan mengetahui lebih dekat peninggalan Nabi Muhammad SAW kita bisa melihat gambaran kehidupan Rasulullah, dan para sahabatnya dalam memperjuangkan Islam. Ini menjadi spirit dan motivasi kita semua dalam perilaku kehidupan sehari-hari agar selalu mengikuti apa yang dilakukan role model kaum Muslim yaitu Rasulullah," kata LaNyalla.

Baca juga:  Darurat Limbah Medis , Ketua DPD RI Dorong Inovasi Masker Ramah Lingkungan

Berbagai artefak milik Nabi Muhammad SAW yang ada di sana antara lain sorban, tongkat, rambut, darah bekam, tempat minum, sandal hingga tapak kaki.

 AA La Nyalla

Sorban Rasulullah yang ada di tempat tersebut berwarna hijau kombinasi putih. Sorban itu diyakini sebagai sorban favorit atau sering dipakai oleh Rasulullah.

Baca juga:  Ketua DPD RI: Tertibkan Izin Hutan Tanaman Industri!

"Tongkat milik Rasulullah yang ada di sini juga tongkat kesukaan beliau. Tongkatnya diberi nama Al Saaja, yang merupakan peninggalan dari Nabi Ibrahim," kata Ludi, salah satu penanggung jawab tempat penyimpanan artefak.

Selain benda-benda Nabi Muhammad, ada banyak juga artefak para sahabat seperti pedang panglima perang legendaris, Khalid bin Walid, pedang Sayidina Husain (cucu Rasulullah), wadah susu Fatimah (anak Rasulullah), baju perang, kiswah, kunci Kabah dan lain-lain.

Puluhan artefak tersebut berasal dari Galeri Warisan Museum Artefak Rasulullah (MAR) Malaysia yang dimiliki oleh Prof DR H Abdul Manan Embong (Almarhum).

"Almarhum Abdul Manan Embong juga arkeolog yang meneliti dan mengumpulkan benda-benda Rasul ini. Artefak diperoleh dari berbagai negara seperti Arab Saudi, Yordania, Turki hingga Syiria," lanjutnya.

Menurut Ludi, artefak-artefak yang ada telah teruji keasliannya dan mendapat sertifikat Internasional seperti Saudi Commision for Tourism and Antiquities.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini