Penanganan Pandemi Covid-19 Membaik, Senang tapi Tetap Waspada!

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 24 September 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 337 2476149 penanganan-pandemi-covid-19-membaik-senang-tapi-tetap-waspada-jhL77A4Igl.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air terus mengalami perbaikan. Meski begitu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta agar keberhasilan ini harus tetap diwaspadai.

“Dengan keberhasilan ini kita harus senang, tapi kita harus waspada,” tegas Wiku dalam dialog secara virtual dengan Nahdlatul Ulama, dikutip Jumat (24/9/2021).

Wiku pun mengungkapkan perjalanan perbaikan kondisi Covid-19 di Indonesia selama bulan Juli hingga September ini. “Dilihat dari 27 Juni, kemudian ke 11 Juli, dari warna saja sudah kelihatan. Dari masih kuning orange, ada merahnya sedikit di Pulau Jawa di tanggal 27 Juni, giliran di 11 Juli mulai banyak merah.”

“Kita ke tanggal 25 Juli tambah banyak merahnya, ke 8 Agustus tambah merah, tapi setelah itu tanggal 22 Agustus mulai berkurang lagi, 5 September berkurang lagi, warnanya sudah banyak yang kuning dan giliran sampai dengan 19 September relatif bersih,” kata Wiku.

Keberhasilan ini, kata Wiku, adalah kebijakan yang diambil pemerintah berhasil dan masyarakat menjalankan dengan baik. “Ini adalah keberhasilan, keberhasilan kita. Kenapa? Karena ada kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah dan masyarakat mengikutinya.”

Baca Juga : Ini Pedoman Penyelenggaraan Acara Besar Agar Tidak Menyebarkan Covid-19

Selain itu, Wiku juga mengungkapkan perbaikan transisi leveling di tingkat kabupaten kota.

“Kita lihat di transisi leveling, ada PPKM tingkat kabupaten kota mulai dari 6 Juli, kita lihat PPKM darurat, dan jumlah level 4-nya dari 91 kabupaten kota, kemudian tanggal 3 Agustus 141 naik kan, kemudian sudah bisa turun pada tanggal 31 Agustus, dan turun lagi menjadi lebih rendah lagi di tanggal 21 September.”

“Level 3 nya dari sedikit kemudian jadi banyak kemudian sekarang sudah turun lagi. Level 2 nya dari banyak terus turun karena pindahkan ke level tinggi empat ke level tiga ya, dan sekarang level 2 nya makin banyak, makin bagus kan, dari nggak ada sekarang ada,” kata Wiku.

Wiku menegaskan periode perbaikan ini harus terus dipertahankan terutama dengan kombinasi kebijakan PPKM yang saat ini dilaksanakan. “Periode ini harus kita pertahankan, ini yang harus kita pahami sekarang. Mohon merasakan ini kombinasi yang paling tepat. Inilah yang harus kita kita jaga,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini