Satgas Covid-19: Jika Ada Kasus Positif segera Tutup Sekolah

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 23 September 2021 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 337 2475959 satgas-covid-19-jika-ada-kasus-positif-segera-tutup-sekolah-xu2mjuaCWW.jpg Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito (foto: Satgas Covid-19)

JAKARTA - Saat ini beberapa sekolah terjadi klaster baru penularan Covid-19 setelah dibuka pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa berbagai kasus positif Covid-19 yang terjadi pada peserta didik di berbagai daerah harus dijadikan pelajaran penting bagi daerah lain.

“Sehingga kasus serupa tidak berulang dan PTM dapat dijalankan dengan aman, sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah,” kata Wiku dalam konferensi persnya, Kamis (23/9/2021).

Baca juga:  Tidak Punya Ponsel, Guru Ini Ajak Muridnya Belajar di Sawah

Dia kembali mengingatkan, bahwa sekecil apapun kasus yang terjadi di sekolah harus segera ditindaklanjuti. Pasalnya jika tidak ditindaklanjuti baik dengan tracing maupun treatment yang tepat maka akan memperluas penularan.

“Oleh karena itu jika ada kasus positif, maka segera lakukan penutupan sekolah untuk segera dilakukan desinfeksi, pelacakan dan testing kontak erat. Selain itu lakukan evaluasi penerapan pembatasan khususnya terkait penerapan protokol kesehatan. seperti screening kesehatan, pengaturan kapasitas dan jarak antar orang,” ungkapnya.

Baca juga:  Ini Cara Baru TK di Semarang Terapkan New Normal

Wiku meminta kepada satuan pendidikan agar dapat melaksanakan PTM secara hati-hati. Selain itu selalu mengutamakan kesehatan dan peserta didik dari penularan Covid-19.

“Selain itu perhatikan juga peluang penularan dirumah, perjalanan maupun saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pastikan siswa dan tenaga pengajar secara disiplin mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini