Temuan 1.296 Klaster Covid-19 Sekolah, IDI Khawatirkan Faskes Dibanjiri Anak-anak

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 23 September 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 337 2475834 temuan-1-296-klaster-covid-19-sekolah-idi-khawatirkan-faskes-dibanjiri-anak-anak-mceZIQMTTs.jpg Foto: Illustrasi Freepick

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mencatat, per 20 September 2021 tercatat dari 46.500 sekolah yang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ada 2,8% atau 1.296 sekolah yang melaporkan adanya klaster Covid-19.

Ketua Satuan Tugas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban mengatakan penemuan klaster Covid-19 pada pelaksanaan PTM ini yang telah dikhawatirkan.

Baca juga:  Selama Pandemi, 45 Polantas Meninggal Terpapar Covid-19

Apalagi, kata Zubairi, banyak siswa di bawah 12 tahun yang belum mendapatkan perlindungan dari vaksinasi berisiko lebih terpapar Covid-19.

“Ini yang dikhawatirkan. Apalagi siswa di bawah 12 tahun-yang akan menghadapi peningkatan risiko infeksi tanpa perlindungan vaksin,” katanya lewat media sosial pribadinya, Kamis (23/9/2021).

Baca juga:  Wapres Ma'ruf: Segera Tangani jika Ada Kasus Covid-19 Baru Jangan Sampai Melebar

Zubairi pun mengatakan, agar segera dilakukan mitigasi agar fasilitas kesehatan atau medis tidak dibanjiri oleh anak-anak yang terpapar Covid-19.

“Semoga kita punya mitigasi untuk ini sehingga fasilitas medis tidak dibanjiri anak-anak. Jangan buru-buru. Sabar,” tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi pun telah merespon hal ini dengan mengingatkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan di sekolah adalah cara menerapkan protokol kesehatan yang esensial, seperti menjaga jarak minimal satu meter, mengharuskan semua orang memakai masker, dan memastikan siswa dapat mencuci tangan dengan sabun dan air secara teratur.

“Bantu kami mewujudkan pelaksanaan protokol kesehatan, semua harus patuh dan jangan sungkan untuk mengingatkan orang lain yang tidak taat protokol kesehatan. Bersama kita bisa akhiri pandemi ini dan bebas dari Covid-19. Teruskan perjuangan kita bersama, untuk merdeka dari Covid-19. Ayo pakai masker dan segera divaksinasi!” ajak Nadia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini