5 Kasus Kriminal Akibat Penolakan Ajakan Rujuk, Mantan Istri Dibacok hingga Rumah Dibakar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 24 September 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 337 2475821 5-kasus-kriminal-akibat-penolakan-ajakan-rujuk-mantan-istri-dibacok-hingga-rumah-dibakar-xpACKJl5m1.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Penolakan ajakan rujuk bagi pasangan suami istri yang telah berpisah rupanya bisa membawa seseorang melakukan kegiatan kriminal hingga menyebabkan kematian. Berikut adalah daftar kasus kriminal akibat penolakan ajakan rujuk yang berhasil dirangkum tim Litbang MPI.

1. Barito Utara, Kalimantan Tengah

RJ, pria asal Barito Utara, Kalimantan Tengah ini nekat membakar rumah mantan istrinya pada September 2021 karena sakit hati ajakan rujuknya ditolak. Tersangka tersulut emosinya ketika mendengar penolakan itu dan langsung menuangkan bensin ke area rumah korban, sekaligus membakarnya. Beruntung, kejadian itu langsung diketahui orangtua korban. Sehingga, api berhasil dipadamkan.

BACA JUGA: Ajakan Rujuk Ditolak, Rumah Mantan Istri Dibakar

2. Bogor, Jawa Barat

Malang benar nasib LI, wanita asal Klapanunggal, kabupaten Bogor itu tewas dibakar mantan suaminya, JD pada 6 April 2021. JD sampai hati melakukan langkah nekat itu karena keinginannya untuk kembali membina rumah tangga bersama LI ditolak begitu saja. Akibatnya, korban menderita luka bakar serius di hampir seluruh bagian tubuhnya. Hingga akhirnya meninggal dunia setelah mendapat perawatan. Sementara itu, tersangka yang juga menderita luka bakar harus dirawat intensif di rumah sakit.

BACA JUGA: Permintaan Rujuk Ditolak, Mantan Suami Bacok Istri

3. Subang, Jawa Barat

Karena tidak mau diajak rujuk, seorang pria di Subang, Jawa Barat berinisial N membacok mantan istrinya, C saat sedang tertidur pulas. Kejadian itu berlangsung pada 15 Mei 2021. Wanita 45 tahun itu langsung dilarikan ke fasilitas kesehatan setempat karena menderita luka bacok yang cukup parah. Sementara itu, si tersangka melarikan diri. Polisi langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku.

4. Pekalongan, Jawa Tengah

Seorang wanita yang merupakan warga Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah dianiaya suaminya, K. Kejadian yang berlangsung pada Februari 2021 itu dipicu karena ajakan rujuk tersangka ditolak oleh korban. Rumah tangganya diketahui sedang bermasalah, dan sudah tinggal terpisah alias pisah ranjang sejak 2 bulan terakhir.

Karena emosi, tersangka menusukkan gunting sebanyak 12 kali ke tubuh mantan istrinya itu. Akibatnya, korban R harus mendapat perawatan intensif di rumah sakit karena menderita luka parah di bagian dada, bahu, leher, lengan, punggung dan tanga.

Tersangka juga harus mendapat perawatan karena babak belur usai dihujani bogem mentah warga sekitar. Kasus ini kemudian ditangani oleh kepolisian setempat.

5. Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan

Satu lagi aksi kriminal yang dipicu oleh penolakan ajakan rujuk terjadi di Penukul Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan sekitaran Desember 2020. Tersangka T nekat menyiram air keras kepada mantan istrinya, EM hingga menyebabkan kematian.

Kejadian bermula ketika tersangka mendatangi rumah korban untuk mengajaknya rujuk, setelah beberapa bulan pisah ranjang. Namun, keinginannya itu ditolak korban. Tersangka kemudian marah, dan berencana membunuh korban. Tak lama berselang, ia kembali mendatangi rumah korban, sembari membawa seember air keras. Ketika melihat korban muncul dari dalam rumah, tersangka langsung menyiram air api itu.

Setelah 6 bulan buron, tersangka akhirnya berhasil diringkus polisi di tengah pelariannya. Tersangka diancam hukuman mati atau penjara seumur hidup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini