Jokowi: Rehabilitasi Mangrove Terus Dilakukan, Tahun Ini 34 Ribu Hektare

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 23 September 2021 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 337 2475808 jokowi-rehabilitasi-mangrove-terus-dilakukan-tahun-ini-34-ribu-hektare-jok5hzexlf.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada 2021 ini akan ada 34 ribu hektare lahan mangrove yang direhabilitasi. Pekerjaan itu dimotori oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BGRM).

"Rehabilitasi mangrove akan terus kita lakukan, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dan juga oleh KLHK, dan target kita di tahun 2021 ini adalah kurang lebih 34 ribu hektare di seluruh Tanah Air," ujarnya saat menanam mangrove di Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021).

Jokowi menuturkan, penanaman mangrove ini dilakukan untuk mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, serta menghambat intrusi air. Tak hanya itu, mangrove juga berfungsi memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di daerah pantai.

"Yang kita harapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya," jelas dia.

Baca juga: Tanam Pohon Mangrove di Cilacap, Presiden Jokowi Dapat Kepiting

Rehabilitasi, kata Jokowi, harus dilakukan untuk melestarikan kawasan hutan mangrove dan juga untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sedang terjadi di dunia.

"Untuk memitigasi," tutupnya.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Door to Door di Kampung Nelayan, Jokowi: Harus Tetap Prokes

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini