Jadi Tersangka, Bupati dan Kepala BPBD Kolaka Timur Ditahan KPK

Widya Michella, MNC Media · Rabu 22 September 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 337 2475453 jadi-tersangka-bupati-dan-kepala-bpbd-kolaka-timur-ditahan-kpk-l8csTQpBOy.jpg Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur dan Kepala BPBD Anzarullah ditetapkan KPK sebagai tersangka suap (Foto: Raka Dwi Novianto)

JAKARTA - Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Anzarullah menjadi tersangka kasus suap proses pemenangan tender dana rehabilitasi pasca-bencana.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, dalam proses penyidikan, Tim Penyidik melakukan upaya paksa penahanan kepada para tersangka pada 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 22 September 2021 s/d 11 Oktober 2021 di Rutan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"AMN ditahan di Rutan KPK Gedung Merah Putih. b. AZR ditahan di Rutan KPK Kavling C1. Sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid 19 dilingkungan Rutan KPK, para Tersangka akan dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari pada Rutan masing-masing," ujar Nurul dalam konferensi pers kegiatan tangkap tangan di Kolaka timur, Rabu (22/9/2021).

Baca Juga:  KPK Tetapkan Bupati dan Kepala BPBD Kolaka Timur Tersangka

Ia menambahkan, KPK selalu mengingatkan para penyelenggara negara untuk berpegang pada sumpah jabatan dan bekerja sebagai pelayan masyarakat terutama pada pengadaan barang dan jasa

"Pengadaan barang dan jasa melalui lelang dilakukan sebagai sistem pencegahan agar seluruh proyek pemerintah berjalan dengan bersih dan tidak disusupi oleh keinginan pejabat mendapatkan “upeti” di luar pendapatannya sebagai penyelenggara negara," paparnya. 

Baca Juga: Kronologi OTT Bupati dan Kepala BPBD Kolaka Timur

Bupati Kolaka Timur Andi Merya Nur bersama beberapa orang lainnya, tiba di Gedung KPK, Rabu 22 September sore. Sebelumnya, Satgas KPK menggelar OTT di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Selasa 21 September malam salah satunya adalah Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini