Menag: Moderasi Beragama Suburkan Komitmen Kebangsaan

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 22 September 2021 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 337 2475421 menag-moderasi-beragama-suburkan-komitmen-kebangsaan-j0KluWdJmm.jpg Menag Gus Yaqut (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan moderasi beragama dapat menjadikan putra-putri bangsa memiliki daya tahan dan menyuburkan komitmen kebangsaan.

"Moderasi beragama menjadikan putra-putri bangsa memiliki daya tahan, menyuburkan komitmen kebangsaan berbasiskan pemahaman agama dan menggersangkan potensi-potensi segregasi yang memanfaatkan kesalahanpahaman dari ajaran suci," kata Yaqut dalam video virtual Youtube Pendis Channel, Rabu (22/9/2021).

Menurut Yaqut, sebuah perbedaan dalam umat beragama berpotensi memicu segregasi. Namun, hal tersebut juga bisa memperkuat integrasi dengan moderasi beragama.

"Perbedaan, kadangkala berpotensi memicu segregasi, tapi juga berpotensi memperkuat integrasi. Tidak banyak cara memahami perbedaan sebagai karunia penuh kemewahan," ucapnya.

Baca juga: Menag Sebut Ada 2 Kunci Pencegahan Covid-19, Apa Itu?

Lebih lanjut, Yaqut menambahkan bahwa terkadang kepentingan sekelompok orang dapat menyeret sebuah agama untuk memancing perpecahan. 

Baca juga: Akhirnya! Tunggakan Sertifikasi Dosen PTKI Swasta Rp63 Miliar Cair

Dia pun berharap agar moderasi beragama bisa menjadi jalan keluar yang cerdas dalam menyelesaikan persoalan tersebut

"Nah dalam mematahkan masyarakat akan moderasi beragama yang berisikan gabungan sikap religiusitas dengan nasionalisme adalah jalan keluar yang cerdas," tutur Gus Yaqut.

Baca juga:Menag Sebut Suspend Perjalanan Indonesia ke Arab Saudi Sudah Dicabut

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini