Pasok Senpi ke KKB, Oknum ASN Yahukimo Ditangkap

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 22 September 2021 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 337 2475414 pasok-senpi-ke-kkb-oknum-asn-yahukimo-ditangkap-oQzYSf0kfW.jpg Senjata api (ilustrasi/Ist)

JAKARTA - Satgas Nemangkawi menangkap satu oknum aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Yahukimo berinisial ES. Ia diduga sebagai pemasok senjata api (senpi) ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Waka Ops II Nemangkawi Papua, Kombes Muhammad Firman mengatakan, awalnya Satgas Nemangkawi melakukan penggerebekan setelah menerima laporan dari masyarakat. Laporan itu soal truk dinas berplat merah milik Pemda Yahukimo yang dicurigai membawa muatan sekelompok orang dan sejumlah barang bukti.

"Setelah memeriksa keberadaan truk tersebut, ditemukan sekelompok orang dengan barang bukti di dalam bak truk dan langsung diamankan bersama dengan sopir truk yang merupakan oknum ASN Pemkab Yahukimo Inisial ES, ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan," kata Firman kepada wartawan, Jakarta, Rabu (22/9/2021).

Dari penangkapan itu, Satgas Nemangkawi menggerebek salah satu rumah di jalur 1 bawah Kompleks Ambruk Kota Dekai, Yahukimo. Dalam penggerebekan itu, petugas menyita barang bukti amunisi dan magasin serta senjata tajam lainya dan atribut KNPB yang diduga akan disuplai pelaku ke KKB wilayah Yahukimo.

Baca Juga : Satu Prajurit TNI Gugur saat Amankan Evakuasi Jenazah Suster Gabriella

"Dari pengembangan pemeriksaan terhadap sopir truk yang merupakan oknum ASN itu, tim kembali menggerebek sebuah rumah yang diduga merupakan tempat persembunyian sejumlah barang bukti. Oknum ASN itu juga diketahui menyimpan amunisi dan magasin 5.56," ujarnya.

Dalam operasi itu, sejumlah barang bukti yang disita adalah 26 butir amunisi 5,6 5TJ, 8 butir amunisi 38 SPC, 1 magasin M-16, 1 pasang pakaian loreng KNPB, 1 jaket warna merah, 1 noken, 2 parang, 2 kapak, 1 sabit, 1 badik, dan 1 sangkur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini