Cakupan Vaksinasi Lansia Rendah, Kemenkes: Baru 19,40 Persen Dosis Lengkap

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 22 September 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 337 2475245 cakupan-vaksinasi-lansia-rendah-kemenkes-baru-19-40-persen-dosis-lengkap-cUaNs6d01b.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyoroti cakupan vaksinasi lansia yang masih rendah. Tercatat lansia yang sudah mendapatkan dosis pertama masih berada pada kisaran angka 27,75%, sedangkan yang sudah mendapatkan dosis kedua sekitar 19,40%.

“Dari 21,5 juta sasaran vaksinasi, jumlah yang sudah mendapatkan dosis pertama masih berada pada kisaran angka 27,75%, sedangkan yang sudah mendapatkan dosis kedua sekitar 19.40%,” ungkap Nadia dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (22/9/2021).

Nadia pun meminta dukungan semua pihak untuk mendorong peningkatan vaksinasi Covid-19 bagi lansia. Apalagi, kelompok lansia lebih rentan terhadap risiko kematian jika terinfeksi Covid-19.

“Perlu dukungan semua pihak untuk mendorong vaksinasi lansia, karena kita ketahui bersama bahwa kelompok lansia memiliki risiko kematian tertinggi jika terinfeksi Covid-19,” tegasnya.

Baca juga: Turunkan Kasus Covid-19 dalam 2 Minggu, Kemenkes: Indonesia Negara Terbaik di Dunia

Oleh karena itu, Nadia berharap, para petugas di daerah dapat memberikan kemudahan akses dan layanan, sehingga mampu menjangkau lebih banyak warga lansia. “Pemerintah juga mengajak keluarga para lansia, untuk membantu menyegerakan vaksinasi, yang sangat penting guna memberikan perlindungan kesehatan bagi kelompok rentan ini,” ujarnya.

Baca juga: Barcode Sertifikat Vaksin di Indonesia Tak Terbaca di Arab Saudi, Ini Penjelasan Kemenkes

Selain itu, Nadia menegaskan pemerintah terus berupaya keras untuk mengamankan ketersediaan vaksin di tanah air. Juga berkolaborasi dengan banyak pihak dalam melaksanakan distribusi secara cepat dan tepat sasaran, serta menyelenggarakan tempat layanan vaksinasi yang tersebar hingga pelosok Indonesia.

“Di tengah kebutuhan vaksin yang mendesak di seluruh dunia, kita harus bersyukur pemerintah dapat memastikan stok vaksin bagi bangsa Indonesia. Semua vaksin yang dipakai di Indonesia aman dan berkhasiat untuk melindungi kita dari gejala berat juga kematian akibat Covid-19. Jadi, masyarakat jangan ragu. Ayo cepat vaksin,” tuturnya.

Baca juga: Indonesia Tinggal Tunggu Komando dari Arab Saudi untuk Pelaksanaan Umrah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini