Terjun Langsung ke Daerah Urus Bansos, Mensos Risma: Udah Mentok

Riezky Maulana, iNews · Rabu 22 September 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 337 2474951 terjun-langsung-ke-daerah-urus-bansos-mensos-risma-udah-mentok-Q9xDgld0Tu.jpg Tri Rismaharini. (Foto: MNC Portal Indonesia)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengaku turun langsung ke lapangan untuk mengawasi sinkronisasi atau penyatuan data penerima bantuan sosial (bansos) di berbagai daerah. Sebab, dirinya dibuat heran mengapa penyaluran bansos banyak menemui masalah.

Dia menjelaskan, data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) sudah dicocokkan dengan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

"Kami perlu cek. Jadi turun ke lapangan itu karena saya udah mentok ini kok enggak salur-salur makanya saya turun. Ternyata dananya udah tapi belum diserahkan sama bank," tutur Risma ketika rapat bersama Komite III DPD RI, Selasa (21/9/2021).

Dia pun mengaku menemukan kendala pemblokiran rekening dari penerima bansos, penyaluran bansos terhambat di bank, atau kartu kesejahteraan sosial (KKS) dipegang oleh orang lain. Menurut dia hal itulah yang mengakibatkan penyaluran bansos tak tepat sasaran.

"Kejadian di Semarang kemarin. Saya telepon pak wali masa kamu enggak bisa ngumpulin 1.800 orang ke balai kota yang menerima bantuan. Alasan tidak bisa menyalurkan karena enggak ketemu orangnya, dan kita coba ternyata bisa," ungkapnya.

Baca juga: Kemensos Luncurkan Program Pejuang Muda untuk Mahasiswa Setara 20 SKS

Dia mengatakan, untuk mengatasi masalah terkait data penerima bansos, salah satu cara yang dilakukan yakni dengan pendekatan person to person. Jika tidak menggunakan cara itu, sambung dia, penyelesaiannya akan lebih sulit.

"Memang tersentuh person to person datanya karena kalau enggak kayak gitu susah. Saya ke sana oke selesai kan saya punya datanya," ujarnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini