Peristiwa 22 September: Irak Lancarkan Invasi ke Iran

Tim Okezone, Okezone · Rabu 22 September 2021 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 337 2474948 peristiwa-22-september-irak-lancarkan-invasi-ke-iran-vX4jsrSCFw.jpg Perselisihan Irak dan Iran (Foto: Wikimedia)

JAKARTA – Beberapa peristiwa dan catatan sejarah penting terjadi, baik dalam maupun luar negeri, pada 22 September tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah, kelahiran dari pesepak bola asal Brazil Ronaldo hingga peresmian patung Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 22 September bersumber dari Wikipedia, antara lain:

1. Kelahiran pesepakbola Brasil Ronaldo

Ronaldo Luís Nazário de Lima lahir di Rio de Janeiro, Brasil, 22 September 1976, umumnya dipanggil Ronaldo, adalah seorang mantan pemain dan legenda sepak bola Brasil.

Oleh banyak pengamat dan pecinta sepak bola ia dianggap sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Ia bermain sebagai penyerang dan terakhir kali bermain bagi klub Corinthians.

2. Irak Lancarkan Invansi ke Iran

Perang Iran-Irak juga dikenali sebagai pertahanan suci dan perang revolusi Iran di Iran, dan Qadisiyyah Saddam di Irak, adalah perang di antara Irak dan Iran yang bermula pada September 1980 dan berakhir pada Agustus 1988.

Umumnya, perang ini dikenali sebagai Perang Teluk Persia sehingga Konflik Iraq-Kuwait meletus pada awal 1990-an, dan untuk beberapa waktu dikenali sebagai Perang Teluk Persia Pertama.

3. Kelahiran penyanyi Tompi

Tompi lahir di Lhokseumawe, Aceh, 22 September 1978 adalah penyanyi jazz dan pembawa acara Indonesia. Ia dikenal melalui album Bali Lounge dan juga solo albumnya.

4. Diresmikannya patung GWK

GWK adalah sebuah taman wisata di bagian selatan Pulau Bali. Taman wisata ini terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali.

Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 120 meter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini