Transisi dari Pandemi ke Endemi, Pemerintah Diminta Gencar Sosialisasi

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 21 September 2021 12:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 21 337 2474556 transisi-dari-pandemi-ke-endemi-pemerintah-diminta-gencar-sosialisasi-YzUfluHPYL.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Universitas Nasional, Yudha Akbar Pally menyebutkan pemerintah sudah harus semakin mensosialisasikan protokol kesehatan di masa peralihan dari pandemi menjadi endemi Covid-19.

"Ada transisi dari pandemi ke endemik. Hal ini juga sering disampaikan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya. Jadi hal ini harus semakin disosialisasikan kepada jajaran dan masyarakat," ujar Yudha Akbar Pally, Selasa (21/9/2021) ketika dikonfirmasi MNC Portal.

Ia menyebutkan pelaksanaan PPKM Level yang diturunkan dari level 1-3 di Pulau Jawa dan Bali oleh pemerintah tidak boleh mengendorkan kedisplinan masyarakat dalam menjaga prokes.

"Ini cara cerdas dari pemerintah untuk mengakui bahwa Covid-19 akan tinggal dalam waktu lama. Saya melihat transisi ini perlu ada sosialisasi sehingga apa yang dikonsepkan pemerintah bisa dirasakan juga di masyarakat," jelas Yudha Akbar Pally.

Lebih lanjut pelaksanaan PPKM Level yang masih dilakukan pemerintah kata dia penting untuk menghindari gelombang baru Covid-19 seperti Juli 2021 lalu.

"Ini upaya pemerintah untuk menghindari gelombang Covid-19 terulang kembali. Kita pernah dalam situasi yang sama seperti sekarang, tapi karena ada varian baru, jadi kendor dan angka tinggi. PPKM harus dilaksanakan dilakukan meskipun trend nya saat ini turun," kata Yudha Akbar Pally.

Lebih lanjut ia menyebutkan PPKM yang ditetapkan harus tetap di evaluasi secara rutin.

"Protokol kesehatan Covid-19 di masa pandemi dan endemi juga agak berbeda. Ini yang perlu diinformasikan ke lapisan bawah," tandasnya.

(kha)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini