Vaksinasi Jadi Syarat Transisi Pandemi Covid-19 Menuju Epidemi

Binti Mufarida, Sindonews · Senin 20 September 2021 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 337 2474272 vaksinasi-jadi-syarat-transisi-pandemi-covid-19-menuju-epidemi-5qGA0VaUaf.jpg Ilustrasi (Foto: UCF)

JAKARTA - Pemerintah telah menyusun road map atau peta jalan pengendalian pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Marinvest) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan salah satu syarat yang harus dilaksanakan untuk transisi dari pandemi Covid-19 menjadi endemi yakni vaksinasi yang masif.

“Berkaca dari pengalaman negara lainnya, vaksinasi menjadi syarat perlu untuk proses transisi dari pandemi menjadi endemi,” ungkap Luhut dalam Konferensi Pers secara virtual, Senin (20/9/2021).

Luhut mengatakan pencapaian target cakupan vaksinasi sangat penting dalam pengendalian pandemi. “Mengingat vaksin sudah terbukti melindungi kita dari sakit parah yang membutuhkan perawatan Rumah Sakit atau kematian terutama untuk para lansia.”

Meskipun, kata Luhut, saat ini masih ada kinerja Kabupaten/Kota yang belum mencapai target vaksinasi nasional. Pemerintah menargetkan kabupaten/kota melakukan vaksinasi dengan capaian 70% dosis 1 dan 60% dosis 1 lansia.

Baca juga: Hanya Orang Kategori "Kuning" dan "Hijau" di Aplikasi Pedulilindungi yang Boleh Masuk Bioskop

"Kami akan bekerja dengan keras untuk mencapai target ini,” terang dia.

“Karena angka kematian yang kita temukan banyak sekali lansia. Nah, oleh karena itu lansia ini kita target untuk mendapatkan vaksin lebih banyak lagi,” tutur dia.

Baca juga: Hasil PPKM Baik, Menko Airlangga Antisipasi Kemungkinan Adanya Gelombang Ketiga

(fkh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini