Super Glue dan Coca-Cola Berasal dari Temuan Tidak Disengaja? Selengkapnya di New Top Files Malam Ini

Tim Okezone, Okezone · Senin 20 September 2021 18:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 337 2474235 super-glue-dan-coca-cola-berasal-dari-temuan-tidak-disengaja-selengkapnya-di-new-top-files-malam-ini-j4IEfgTapW.jpeg Foto: iNews

SIAPA yang menyangka, suatu hal yang ditemukan secara tidak sengaja dapat mengubah hidup seseorang secara drastis? Bahkan melalui penemuan-penemuan menarik dan tak terduga dapat merubah nasib hidup seseorang menjadi kaya raya. Sebab tanpa disadari, benda-benda yang ada di sekitar kita merupakan hasil dari temuan yang secara tidak sengaja dilakukan.

Seperti halnya, Lem super atau yang dikenal dengan sebutan super glue merupakan salah satu merek lem ternama di dunia. Tahukah kamu? Lem tersebut ternyata ditemukan secara tidak sengaja yaitu berasal dari pembuatan formulasi yang salah. Bahkan, sang penemu, Dr. Harry Coover, sempat mengabaikan temuannya karena dianggap tidak sesuai dengan proyeknya.

Awalnya formulasi tersebut ingin digunakan pada senjata pembidik, tetapi malah mampu melekatkan ikatan dengan sangat cepat. Seiring berjalannya waktu, potensi dari formulasi lem tersebut akhirnya dijual ke pasaran dan merubah namanya menjadi super glue seperti yang kita kenal sekarang. Bahkan mampu menghasilkan keuntungan penjualan sampai sekitar US$ 2,5 miliar atau sekitar 35,7 triliun rupiah.

Tak hanya itu, coca-cola yang merupakan brand minuman kemasan terkenal di dunia, ternyata berasal dari penemuan yang tidak disengaja. Pada awalnya, John Pemberton, seorang apoteker menjual sirup yang terbuat dari anggur dan ekstrak koka. Namun, karena penjualan alkohol sempat dilarang, John menciptakan sirup murni berbahan dasar koka yang kini kita nikmati dalam minuman kemasan bermerk coca cola.

Ingin tahu fenomena unik dan menarik lainnya? Saksikan berbagai informasi unik lainnya yang pastinya bisa menjawab rasa penasaran kamu hanya di New Top Files (Senin, 20 September 2021) pukul 19.00 WIB hanya di stasiun Televisi iNews. Program ini juga dapat disaksikan melalui laman www.rctiplus.com dan aplikasi RCTI+.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini