5 Fenomena Aneh Ribuan Burung Mendadak Mati, Terjadi di Bali dan Cirebon

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 21 September 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 337 2474055 5-fenomena-aneh-ribuan-burung-mendadak-mati-terjadi-di-bali-dan-cirebon-JmkJuHM9jq.jfif Ratusan burung pipit mati di Cirebon. (Ist)

FENOMENA ratusan burung mati secara mendadak terjadi di Kota Cirebon, Jawa Barat. Matinya burung secara mendadak ini dapat disebabkan karena perubahan cuaca hingga keracunan herbisida.

Peristiwa ini bukan kali pertama terjadi. Peristiwa serupa pernah terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, bahkan di luar negeri. Merangkum berbagai sumber, Selasa (21/9/2021), berikut fenomena burung mati secara mendadak di Indonesia dan negara lain :

September 2021

Fenomena matinya ratusan burung pipit di halaman belakang balai kota Cirebon menghebohkan masyarakat. Fenomena ini serupa dengan matinya burung secara massal di Bali. Namun, fenomena yang terjadi di balai kota Cirebon ini masih terdapat burung yang hidup. Hingga saat ini belum diketahui penyebab pasti matinya ratusan burung tersebut.

September 2021

Ribuan burung pipit mendadak jatuh dari sarangnya dan mati di Desa Pering, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali. Fenomena ini kemudian viral di media sosial. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali mengungkapkan sejumlah kemungkinan atas matinya ribuan burung pipit yaitu keracunan herbisida dan perubahan cuaca. Guna memastikan penyebabnya, pemerintah daerah setempat masih melakukan penyelidikan.

Baca Juga : Bikin Heboh, Ratusan Burung Pipit Mati di Depan Balai Kota Cirebon

Juli 2021

Matinya burung pipit secara massal juga pernah terjadi di Sukabumi. Jumlah kematian burung pipit ini tidak sebesar yang terjadi di Bali. Fenomena ini juga viral di media sosial. Berdasarkan hasil uji lab diketahui bahwa matinya burung ini disebabkan perubahan cuaca dan racun hama atau serangga. Dari hasil pemeriksaan, bagian luar burung tidak ditemukan bekas benda tajam seperti sayatan dan tidak ada luka akibat peluru senapan angin.

Januari 2021

Ratusan burung mati berjatuhan di Italia saat perayaan malam Tahun Baru yang menyalakan kembang api. Bangkai burung menutupi jalan dan trotoar di kedua sisi. Kebanyakan burung yang mati adalah burung jalak. Juru Bicara Organisasi Internasional untuk Perlindungan Hewan, Loredana Diglio mengatakan burung-burung itu bisa saja mati karena panik atau ketakutan akibat kembang api.

September 2020

Ratusan ribu burung ditemukan mati secara misterius di wilayah barat daya Amerika Serikat dan Meksiko Utara. Burung-burung tersebut ditemukan dalam kondisi sehat. Namun, tubuh tampak kurus dengan cadangan lemak atau massa otot yang ditemukan dalam jumlah sedikit. Jenis burung yang mati adalah burung layang-layang, kayu-pewees, penangkap lalat empidonax, dan burung pengicau. Para ahli menduga ini disebabkan perubahan cuaca serta kebakaran hutan yang pernah melanda di bagian barat Amerika Serikat. Bangkai burung telah dikirim ke laboratorium untuk pengujian lebih lanjut. (Diolah berbagai sumber/Tika Vidya Utami/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini