Kisah Tembang Sunan Bonang yang Bikin Perampok Tak Bisa Bergerak

Avirista Midaada, Okezone · Senin 20 September 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 20 337 2473834 kisah-tembang-sunan-bonang-yang-bikin-perampok-tak-bisa-bergerak-ZZBimgi2az.jpg Sunan Bonang (Foto: istimewa)

SUNAN BONANG konon merupakan salah satu Wali Songo yang memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan ini biasanya disebut Karomah lantaran memiliki kedekatan dengan Tuhan Pencipta Alam Semesta.

Dikisahkan dari buku "Sunan Bonang Wali Keramat: Karomah, Kesaktian, dan Ajaran - Ajaran Hidup Sang Waliullah" karya Asti Musman, beliau pernah mengalahkan musuhnya hanya dengan tembang atau sebuah lagu.

Baca juga:  Sunan Bonang, Wali Songo Miliki Garis Keturunan Nabi Muhammad SAW

Diceritakan suatu ketika Sunan Bonang ini tengah melintas di hutan, tapi seketika tiba - tiba ada sekelompok perampok yang dipimpin oleh Kebondanu menghadangnya. Sunan Bonang kemudian menyanyikan tembang Durmo, ciptaannya, dengan tenang Sang Waliullah ini menghadapi gertakan dari Sang perampok sambil terus menembang.

Baca juga:  Lempar Batu ke Watu Layar Peninggalan Sunan Bonang Bisa Kaya?

Seketika itu pula Kebondanu dan anak buahnya tak bisa bergerak sama sekali. Bahkan pedang dan senjata tajam yang siap membunuh Sunan Bonang seolah tak berarti. Badan mereka terasa kaku dan tidak mampu melangkah.

Padahal Sunan Bonang sama sekali tak menyentuh atau memberikan perlawanan fisik kepada kawanan perampok ini. Tak ayal sikap Sunan Bonang ini membuat para perampok ini meminta ampun kepada Sunan Bonang. Kawanan perampok yang terkenal amat ditakuti dan kejam takluk oleh tembang Durmo ciptaan Sunan Bonang.

Setelah bertobat dan bersujud kepada Sunan Bonang, Kebondanu dan anak buahnya tubuhnya baru dapat digerakkan kembali. Mereka pun mengakui kehebatan Sunan Bonang, dan seluruh perampok itu akhirnau memeluk agama Islam dan bersedia berguru ke Sunan Bonang di Pesantren Sunan Bonang.

Sunan Bonang pun sama sekali tak menyimpan dendam kepada mereka. Sunan Bonang menerima para perampok ini dengan tangan terbuka dan membimbing mereka untuk mendekatkan diri kepada agama Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini