6 Fakta Kontroversi Gus Idris, Video Hoaks Ditembak hingga Pasangan Gancet

Agnes Teresia, Okezone · Minggu 19 September 2021 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 337 2473417 6-fakta-kontroversi-gus-idris-video-hoaks-ditembak-hingga-pasangan-gancet-6JWB080lF8.jpeg Gus Idris. (Foto: Avirista M)

JAKARTA - Idris Al-Marbawy yang akrab disapa Gus Idris belakangan viral di media sosial terkait kasus video pasangan gancet yang ternyata konten settingan. Sebelumnya, Gus Idris pernah tersangkut kasus hoaks dan kontroversi lainnya.

Berikut sejumlah kontroversi pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah Ngajum itu, sebagai berikut:

1. Video Penembakan

Polres Malang menetapkan Idris Al-Marbawy sebagai tersangka kasus dugaan penyebaran berita bohong sejak 29 Juni 2021.

Idris terbukti menyebarkan berita bohong atau hoaks ketika mengunggah video berjudul ‘Detik-detik Gus Idris Ditembak Orang Tak Dikenal saat Live Streaming’ 28 Febuari 2021 lalu.

Dalam video berdurasi 4 menit 14 detik itu, Gus Idris seolah-olah tertembak oleh orang tak dikenal, melalui sebuah mobil yang sedang berjalan hingga terkapar dan bersimbah darah.

2. Mengaku Kena Sihir

Selang sehari usai viral, Gus Idris mengklarifikasi bahwa apa yang dialaminya adalah serangan sihir makhluk gaib yang seolah ditembakkan ke dirinya. Pernyataan tersebut semakin membuat sosoknya kontroversial di masyarakat.

Baca juga: Polisi Serahkan Berkas Kasus Gus Idris ke JPU

3. Kerap Unggah Video Interaksi dengan Makhluk Gaib 

Gus Idris seringkali mengunggah video dirinya berinteraksi dengan sejumlah makhluk-makhluk gaib ke kanal video Youtube miliknya. Gus Idris bahkan kerap berkolaborasi dengan pakar spiritual ternama hingga publik figur. Ia juga sering didatangi masyarakat untuk menyembuhkan mereka efek santet, teluh, hingga gangguan makhluk halus.

4. Dilaporkan Mantan Pasien

Gus Idris sempat diadukan mantan pasiennya, Bagus Supriyanto ke Ditreskrimsus Polda Jatim pada Kamis 19 November 2020 karena mencemarkan nama baiknya melalui video yang diunggah di kanal Youtube.

Dalam video tersebut, Bagus mengatakan Gus Idris menyebut namanya hingga membuka rahasia pribadi terkait penyakitnya.  

5. Video Pasangan Gancet

Belum selesai urusan video hoaks penembakan, Gus Idris kembali berurusan dengan polisi. Dia menjalani pemeriksaan di Mapolres Malang pada Kamis siang (16/9/2021) diduga terkait video pasangan gancet.

Sebelumnya sebuah video memperlihatkan pasangan gancet saat berhubungan badan menghebohkan jagat maya. Setelah ditelusuri, video tersebut berasal dari akun Youtube Gus Idris Official.

Video tersebut juga disertai keterangan bahwa kejadian di dalamnya hanyalah rekayasa. Dijelaskan bahwa video dibuat dengan tujuan mengedukasi dan hiburan.

"Materi di video ini dibuat untuk kepentingan edukasi dan hiburan semata. Ini hanya cerita fiksi yang kemudian dibuat dalam bentuk visual,” tulis keterangan video.

6. Tak Ditahan

Kendati berkas Gus Idris dinyatakan lengkap, polisi tak juga menahan tersangka kasus hoaks itu. Polres Malang menyebut ada sejumlah alasan mengapa pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah Ngajum itu tak ditahan.

"Selama ini, yang bersangkutan kooperatif, kalau ditelepon dia selalu ngangkat," kata Kapolres Malang AKBP Raden Bagoes Wibisono kepada wartawan, pada Jumat (17/9/2021).

Mantan Kapolres Madiun ini juga menambahkan, Idris merupakan tulang punggung keluarganya. Hal ini membuat kepolisian mempertimbangkan membiarkan Idris masih menghirup udara bebas.

"Dan alasan lainnya, istrinya mengatakan Gus Idris masih menjadi tulang punggung keluarga dan anaknya masih kecil," ujarnya. 

Meski demikian, keputusan penahanan atau tidak juga tergantung keputusan jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Malang.

"Kami masih ada yang kurang dan segera kami lengkapi. Dan nanti penahanan atau tidak tergantung Kejaksaan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini