4 Tokoh Unik Dibalik Daftar Kekayaan LHKPN KPK

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 19 September 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 337 2473357 4-tokoh-unik-dibalik-daftar-kekayaan-lhkpn-kpk-Txb2p3XBwU.jpg Ilustrasi daftar kekayaan LHKPN (Foto: Tangkapan layar webinar LKHPN)

JAKARTA - Pandemi Covid-19 berdampak tidak hanya dari segi kesehatan, namun juga secara ekonomi. Banyak lapisan masyarakat yang mengeluhkan kondisi ekonomi yang menurun drastis semenjak pandemi berlangsung. Namun, menurut laporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta peN jabat negara justru meroket selama pandemi ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres)

Orang yang menempati daftar pertama pejabat terkaya versi LHKPN KPK adalah Tahir, seorang anggota dewan pertimbangan presiden dengan jumlah kekayaan mencapai Rp8,7 triliun, berdasarkan laporannya pada KPK pada Maret 2021. Beliau melaporkan memiliki 25 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Cianjur, Surabaya, Singapura, hingga Amerika Serikat dengan estimasi nilai sebesar 182 milyar rupiah. Harta kendaraan yang dimilikinya mencapai angka 12 milyar rupiah.

(Baca juga: KPK Peringatkan Pejabat Negara Dilarang Kongkalikong dengan Swasta)


2. Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah

Umzakirman, seorang Kepala Bagian Kesejahteraan (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah Rokan Hulu, Riau, menempati urutan keenam pejabat negara yang memiliki kekayaan terbanyak. Total kekayaannya mencapai 1.8 triliun rupiah. Menurut data, beliau terakhir kali melaporkan kekayaannya pada pihak KPK Februari 2021 lalu. Ia mempunyai 5 bidang tanah dan bangunan di Rokan Hulu. Nilainya mencapai 1.8 Triliun rupiah. Disamping itu, beliau juga memiliki tiga buah motor dan satu buah mobil senilai Rp 324 juta sebagai harta kendaraan.

 (Baca juga: Kronologi OTT KPK di Kalsel Amankan 7 Orang dan Uang Rp345 Juta)

Namun, ketika ditanya mengenai hal ini, yang bersangkutan mengatakan bahwa data yang dilaporkan ke KPK merupakan kesalahan input data. Ia juga mengatakan bahwa hal ini sudah dikoreksi dan sudah dijelaskan kepada inspektorat Kabupaten Rokan Hulu.

3. Kepala Sekolah

Menempati posisi ketujuh dalam pejabat negara terkaya di Indonesia, Nurhali memiliki kekayaan senilai 1,6 triliun rupiah. Termasuk di dalamnya 5 bidang tanah yang berada di Jakarta dan Tangerang dengan nilai keseluruhan 1.6 triliun rupiah, dua unit mobil dan satu unit motor sebagai harta kendaraan, serta harta lainnya sebesar 30 juta rupiah.

Beliau mengakui bahwa kekayaan terbesarnya adalah harta warisan berupa tanah yang ditinggalkan mertuanya kepada sang istri. Selain tanah, selebihnya merupakan harta kekayaan pribadi miliknya.

4. Wakil Camat

Wakil Camat Setiabudi Jakarta Selatan Bernama Jan Hider Oslannd menempati posisi kesepuluh di daftar pejabat negara terkaya di Indonesia. Laporan pada Maret 2021 lalu menyebutkan bahwa beliau memiliki harta kekayaan senilai 958 milyar rupiah, termasuk kedalamnya dua bidang tanah dan bangunan di Depok, empat unit mobil dan satu unit motor serta harta bergerak lainnya senilai 25 juta rupiah.

Jan kemudian mengatakan bahwa ada kesalahan penulisan data pada laporan keuangannya. Dengan luas tanah yang hanya 356 meter, ia merasa tidak mungkin dihargai sebesar 958 milyar rupiah. Dibuktikan dengan data bangunan PBB yang dimilikinya, beliau menyebutkan bahwa terdapat kelebihan angka nol (0) dalam laporannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini